1. Pilih Make Up Legal


Hal pertama yang harus kamu lakukan apabila ingin memilih make up halal adalah dengan mengecek kelegalan make up tersebut. Kamu bisa mulai dengan melakukan pengecekan terhadap kemasan make up. Pastikan pada kemasan make up tersebut tercantum nomor pendaftaran di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kode pendaftaran untuk produk kosmetik lokal adalah CD, sedangkan untuk produk impor memiliki kode CL. Selain itu, nama dan alamat produsen juga harus tercantum dalam kemasan agar kamu dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai make up tersebut lebih dalam. 
source: https://www.designtrends.com

2. Perhatikan Brand

Saat ini sudah banyak sekali brand make up baik luar maupun dalam negeri yang berlabel halal dari Majelis Ulama Indonesia. Kamu bisa mencari informasi tentang brand make up halal yang kini bisa dengan mudah diakses melalui internet. Selain sertifikat halal, make up yang berlabel Animal Cruelty Free, Not Tested on Animal, dan bersertifikat Vegan juga aman digunakan oleh wanita muslim. Dalam pembuatannya, make up tersebut tidak diuji cobakan pada hewan. Selain itu, make up yang berlabel halal menggunakan bahan-bahan yang aman untuk tubuh. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, kamu jadi tahu make up brand apa saja yang halal dan memudahkanmu dalam memilih make up!

source: http://beautynesia.id/
baca juga

3. Cek Kandungan Make Up

Make up halal masuk ke dalam hijab style terkini yang wajib dimiliki oleh hijabers. Sebelum membeli make up, ada baiknya cek kandungan make up terlebih dahulu. Make up halal tidak seharusnya mengandung unsur hewan najis seperti anjing, babi, hewan buas, bangkai, unsur tubuh manusia, darah, khamr, dan hewan halal seperti sapi yang disembelih tidak secara syariat Islam. Selain itu, make up tersebut juga harus bebas dari bahan berbahaya, seperti seperti gliserin, plasenta, lactic acid, kolagen, hormon, vitamin, dan aneka pewarna atau pewangi.
source: https://www.darbox.com

Meski alkohol juga termasuk bahan yang dilarang, namun terdapat keringanan. Alkohol yang terkandung pada make up tidak berasal dari industri fermentasi atau pabrik minuman keras dan tidak menimbulkan kerugian pada pengguna make up. Nah, kamu boleh mengecek lagi apakah di dalam make up yang ingin kamu beli terdapat kandungan alkohol atau tidak. Alkohol yang tergolong aman digunakan adalah alcohol denat, denaturated alcohol, alcohol SD, cetyl alcohol dan butyl alcohol. Alkohol jenis tersebut bukan jenis alkohol untuk minum mabuk-mabukan. Alkohol yang harus kamu hindari adalah wine, beer, ethanol, ethylalcohol, dan alcohol. Kamu juga harus mencermati persentase alkohol dalam produk make up. Bila terlalu tinggi, sebaiknya dihindari karena berisiko pada iritasi. Untuk amannya bedakan makeup halal atau haram berdasar tulisan produk non alcohol atau alcohol free.