Sebelum membeli, alangkah baiknya apabila kamu bisa mencoba produk kosmetik yang ingin kamu beli terlebih dahulu. Selain untuk melihat bagaimana kualitas produk, tujuan lain dari mencoba produk yaitu untuk menemukan shade atau warna yang pas di kulit. Untuk kepentingan ini, biasanya disediakan berbagai produk tester di toko-toko kosmetik agar calon pembeli bisa mencobanya terlebih dahulu.


Apakah Produk Sample dan Tester Aman?


Tapi Ladies, kamu perlu ingat bahwa produk tester di toko kosmetik sudah pernah digunakan oleh puluhan, bahkan ratusan orang lain. Tahukah kamu bahwa sebenarnya sangat tidak disarankan untuk menggunakan kosmetik bersama dengan orang lain (sharing)? Perpindahan bakteri dari tubuh orang lain bisa menyebabkan berbagai masalah kulit dan penyakit yang tidak kamu inginkan. Karena itu, sebaiknya kamu berpikir dua kali sebelum buru-buru mencoba tester kosmetik di toko ya!

source: http://makeupartistdivya.com


Tidak Higienis dan Meningkatkan Risiko Tertular Penyakit


Berbagai bentuk kosmetik cair dan lembap merupakan sarang kuman yang baik, seperti foundation atau lipstick misalnya. Berbagai bakteri dan kuman ini juga bisa masuk kedalam tubuh saat kamu memakai produk tersebut. Seorang dematolog asal NYC, dr. Whitney Bowe, menyatakan bahwa brush maskara, kosmetik cair, dan lipstik bisa mengandung bakteri streptococcus dan E. coli, belum lagi berbagai virus yang bisa menyebabkan iritasi mata hingga herpes.

Bukan hanya opini belaka, pernyataan ini ternyata juga didukung dengan hasil penelitian pada 2005 lalu yang menemukan bahwa ada produk tester yang berusia lebih dari 2 tahun dengan bakteri staphylococcus, streptococcus,dan E.coli, yang bisa menyebabkan penyakit impetigo (infeksi dimana muncul lepuhan-lepuhan pada kulit) dan berbagai penyakit lainnya.

source: https://www.shopback.co.id
baca juga


Boleh Mencoba Tester, Asalkan Kamu Berhati-hati


Walaupun terdengar sangat berisiko, tapi bukan berarti kamu tidak boleh mencoba produk tester. Agar tidak menyebabkan penyakit dan masalah kulit, kamu memang sebaiknya ekstra berhati-hati saat mencoba produk ya. Lakukan tips dibawah ini saat kamu hendak mencoba produk tester ya, Ladies!

  • Selalu ingat untuk tidak mencoba kosmetik langsung di kulit wajah, mata ataupun bibir. Kulit wajah lebih sensitif dibandingkan kulit bagian tubuh lain, sedangkan mata dan bibir bisa menjadi jalan masuk kuman penyebab berbagai penyakit.

  • Sebaiknya coba tester di bagian tangan. Kulit tangan cenderung lebih tebal dan tidak sesensitif kulit wajah.

  • Pastikan produk tester steril sebelum kamu mencobanya, misalnya dengan menyemprotkan alkohol terlebih dahulu sebelum kosmetik dicoba.

  • Cari produk tester dengan kemasan yang tidak rusak dan tidak expired.

source: http://doiturselfnow.com