Hypertrophic

 

Bekas jerawat hypertrophic ini memiliki bentuk yang tebal dan benjolan yang terangkat dari permukaan kulit. Biasanya bekas seperti ini disebabkan oleh breakout yang banyak terdapat pada bagian dada dan punggung. Cara menghilangkannya tidak bisa sembarangan dan sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Namun, kebanyakan dokter akan menyarankanmu melakukan suntikan kortison untuk membantu meratakan kulit yang terangkat untuk menghilangkan bekas jerawat ini. 

source: http://seputar-bahasa-wajah.blogspot.co.id


 

Atrophic


Jika hypertrophic muncul di tubuh, bekas jerawat atrophic ini muncul di wajah. Ada tiga jenis bekas yang ditimbulkan oleh Atrophic, yakni ice pick, boxcar, dan rolling. Ice pick yaitu bekas jerawat yang terlihat seperti lubang kecil dan seringkali membuat tampilan kulit seperti tertusuk jarum.

Cara menghilangkan bekas jerawat ice pick ini adalah dengan Punch-out Excision.
Punch-out Excision adalah sebuah teknik yang digunakan untuk memperbaiki penampilan kulit akibat bekas jerawat. Selama perawatan ini, alat kecil seperti pemotong akan digunakan untuk memotong bekas luka dan menghilangkan jaringan parut. Kemudian luka tersebut ditutup dengan steri-strip, jahitan, atau lem kulit. Setelah sembuh, tekstur kulit akan menjadi lebih lembut.

source: http://skin.co.id


 

baca juga


Sedangkan boxcar adalah bekas yang terlihat menyerupai kawah, mirip dengan bekas luka akibat cacar air. Bekas ini bisa berbentuk dangkal atau dalam dan sering dijumpai di bagian pipi. Bentuknya yang bertepi curam membuat bekas jerawat ini lebih sulit untuk dihaluskan. Bekas jerawat ini muncul ketika peradangan karena breakout menghancurkan kolagen kulit sehingga jaringan kulit akan hilang. 

Cara menghilangkan bekas jerawat ini adalah dengan perawatan laser resurfacing, chemical peeling, atau mikrodermabrasi. Selain itu, kamu juga bisa menghilangkannya dengan operasi bedah seperti tusuk jarum, punch-out excision dan bedah lainnya.

source: http://skin.co.id


 


Terakhir bekas jerawat rolling yang memiliki bentuk seperti lekukan kecil yang bergelombang. Bekas jerawat seperti ini muncul akibat kolagen yang rusak pada kulit yang lebih banyak ditemukan pada wajah dan akan terlihat sangat jelas saat usia semakin bertambah. Untuk membantu menghilangkannya, biasanya dapat dilakukan dengan perawatan laser yang akan membangun kembali kolagen yang rusak.

source: http://skin.co.id/


 

baca juga

Dark Spots


Bekas jerawat yang terakhir ini paling banyak dan sering ditemukan pada bagian wajah. Bentuknya yang cenderung berbintik merah muda dan bahkan kecokelatan sebenarnya terjadi saat kamu mencoba menyembuhkan jerawat.

Dark spots terjadi ketika melanosit atau sel-sel yang memproduksi pigmen melanin mulai berkembang biak di lokasi bekas breakout, atau ketika melanosit mulai menghasilkan melanin dalam jumlah yang berlebihan.Tapi, jangan cemas karena bekas jerawat ini dapat dihilangkan dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan hydroquinone dan alpha hydroxy acids. Kedua kandungan ini akan membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit. 

source: http://skin.co.id