"Semalam tidak bisa tidur nyenyak…"

source: http://bizlady.jp/archives/93217
Sebagian besar orang pasti pernah mengalami pengalaman seperti ini. Aktivitas padat yang tidak dibarengi dengan istirahat yang cukup di malam hari sering menimbulkan rasa kantuk di siang hari. Ingin tidur tetapi masih ada aktivitas yang harus dilakukan. Lalu bagaimana mengusir rasa kantuk yang tak tertahankan ini?
Coba simak beberapa tips berikut yang mungkin dapat membantumu untuk mengusir rasa kantuk!

1. Konsumsi kafein

source: http://www.roomie.jp/2013/01/43981/
Efek kafein yang diberikan oleh kopi memang sudah terbukti karena banyak orang merasa lebih berenergi setelah mengkonsumsinya. Tidak hanya kopi, kandungan kafein yang terdapat dalam teh dan cokelat juga dapat membantu mengusir rasa kantukmu.
Selain minum kopi. Teh hijau juga memiliki kandungan kafein yang sama halnya dengan kopi. Yaitu memiliki manfaat mengurangi rasa ngantuk karena aktifitas yang padat. Teh hijau juga baik untuk tubuh karena banyak mengandung antioksidan. Selain itu juga dapat menjaga stamina tubuh Anda agar tetap fit dalam melakukan rutinitas dan aktifitas harian anda.
source: http://www.masibas.my.id/2014/10/tips-cara-mengurangi-rasa-kantuk-yang-manjur.html

2. Coba ubah posisi kursi

source: http://u-note.me/note/47500919
Kamu bisa coba ubah sedikit ketinggian kursi atau posisi dudukmu untuk merubah suasana yang dapat membantu hilangkan rasa kantuk.
Mungkin posisi duduk Anda terlalu nyaman, sehingga kantuk pun tak terhindarkan. Maka dari itu ubah posisi duduk agar Anda bisa lebih segar dan tidak mengantuk.
source: http://www.merdeka.com/gaya/12-cara-melek-tanpa-kopi-saat-bekerja.html
Jika kamu adalah seseorang yang bekerja di depan laptop, kamu bisa coba ubah posisi laptopmu untuk mengganti suasana agar tidak bosan dan membantu hilangkan rasa kantuk.

3. Berjalan-jalan sebentar

source: http://www.eharmony.com/blog/burned-out-on-dating-how-to-take-a-break-while-on-the-clock/#.VWaHI8_tmko
Kegiatan yang monoton terkadang dapat menyebabkan kantuk, maka lungakanlah waktu sebentar untuk sekedar berjalan ke toilet ataupun ke luar ruangan untuk menghirup udara segar.
Lampu, layar komputer, dan AC yang ada di dalam tempat kerja terkadang membuat ngantuk. Cobalah untuk pergi ke luar ruangan selama 15 menit dan berjalan-jalan. Pemandangan di luar tentu bisa menyegarkan mata dan pikiran.
source: http://www.merdeka.com/gaya/12-cara-melek-tanpa-kopi-saat-bekerja.html

4. Makanlah sesuatu yang 'menantang'

source: http://www.wikihow.com/Eat-Candy
Permen mint dapat kamu gunakan untuk menyiasati rasa kantuk yang melanda. Sensasi dingin yang diberikan permen mint dapat membantu menyegarkan pikiranmu.
Agar rasa kantuk tak lagi jadi bencana untuk nilai kuliah, cobalah kamu atasi dengan makan. Bukan makan berat, lho, melainkan makan permen seperti permen mint. Rasa mint ini bisa memberikan rasa segar dan mendongkrak mood mu menjadi lebih baik.
source: http://www.hipwee.com/tips/10-tips-mengatasi-rasa-kantuk-saat-kuliah-di-kelas-yang-membosankan/
Selain permen mint kamu bisa siasati rasa kantuk dengan minuman berkarbonat ataupun makanan pedas agar matamu tetap terjaga.

5. Tidur selama 15 menit

source: http://sketch-life.com/work/4119/
Jika rasa kantukmu sangat tak tertahankan cobalah untuk pejamkan mata sejenak sekitar kurang lebih 15 menit.
Tidur yang dimaksud adalah bukan tidur dalam waktu yang panjang. Tidur selama 15-20 menit. Misalnya, setelah makan siang cobalah pejamkan mata selama 15-20 menit. Dengan tidur sebentar kerja di siang hari akan lebih efektif.
source: http://mocosuku.com/20140612288/

6. Tahan nafas beberapa detik

source: http://getnews.jp/archives/120225
Menahan nafas selama beberapa detik dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Saat tubuh merasa sesak maka ia akan mencoba untuk mengambil oksigen, sehingga rasa kantuk dapat terlupakan.
Jika sudah tak tertahankan ambilah nafas sejenak. Oksigen akan mengalir ke otak dan rasa kantuk dapat hilang seketika.
source: http://www.yukawanet.com/archives/3164955.html

7. Gunakan obat tetes mata

source: http://oretachi-kidan.net/?p=2026
Terlalu lama memandangi layar komputer dapat membuat mata penat dan kering. Gunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata dan kamu bisa melanjutkan aktivitasmu kembali.
Dengan ini maka mata akan terjaga seketika!
Selain menyegarkan benda ini juga merupakan senjata yang ampuh untuk usir rasa kantuk.
source: http://mery.jp/112319
Semoga tips-tips di atas dapat membantu!