Cireng

Siapa yang tidak mengenal kudapan satu ini. Ya, cireng yang merupakan camilan atau gorengan sebagai teman minum teh ini biasanya dilengkapi denga cocolan atau bumbu suas kacang yang gurih. Namun, seiring berkembangnya jaman, cireng kini mulai banyak mengalami perubahan termasuk menjadi kekinian dan dibuat dengan berbagai isian seperti keju, daging, ayam, sosis dan masih banyak lagi.

Makanan enak satu ini juga ternyata mudah untuk dibuat lho ladies. Kamu cukup mencampurkan tepung aci, merica bubuk, gula pasir dan bawang putih yang dihaluskan kemudian masukkan air pans dan uleni hingga kalis. Jika dirasa adonan sudah kalis, kamu bisa mengisi dengn isian sesuai dengan selera kamu atau membiarkannya polos dan langsung digoreng ke dalam minyak panas. Cireng lebih nikmat ketika dimakan dengan saus kacang, saus pedas, atau cabai rawit.

source: https://masakmemasak.com


 

Cilung

Sekilas penampakan cilung layaknya seperti telur gulung namun siapa sangka keduanya tidak mirip dalam segi rasa lho. Cilung sendiri merupakan kudapan perpaduan antara telur dan donan aci yang digoreng kemudian digulung degan menggunakan tusuk sate. Cilung biasanya disajikan dengan saus pdas atau dengan taburan serundeng kelapa.

Nah, cara membuatnya juga cukup mudah lho. Kamu hanya perlu mengocok telur yang sebelumnya sudah dibumbui dengan garam dan merica kemudian sisihkan. Bikin pada tempat terpisah masukkan tepung aci yang sudah dicampur dengan air panas dan bumbui dengan garam dan merica. Siapkan pan atau wajah berisi minyak panas, tuang larutan aci diikuti kocokan telur diatasnya ke dalam minyak panas kemudian gulung dengan tusukan sate dan sajikan dengan saus sambal atau taburan serundeng.

source: https://4.bp.blogspot.com


 

baca juga

Cilor

Cilor atau aci telor ini merupakan jajanan anak-anak SD sejak jaman dulu hingga kembali hits di jaman sekarang. Kudapan ini merupakan campuran antara adonan aci yang disiram dengan telur di atasnya dan disajikan dengan saus sambal. Proses cara membuat cilor pun sebetulnya sangat mudah.

Kamu cukup siapkan cetakan wajan. Kemudian siapkan bahan aci yang dicampur dengan air panas kemudian dan direbus sebentar kemudian potong kotak-kotak. Siapkan cetakan yang sudah berisi sedikit minyak, jika sudah mulai panas kamu bisa masukkan adonan aci seidkit demi sedikit dan menyiram kocokan telur pada bagian atasnya. Biarkan kering kemudian angkat dan beri bumbu sesuai dengan selera kamu.

source: http://2.bp.blogspot.com


 

Cilok

Cilok sepintas mirip dengan bakso, hanya saja cilok memiliki citas rasa yang kenyal saat digigit. Cilok biasanya disajikan dengan saus kacang yang pedas dan gurih. Kini, seiring berkembangnya jaman cilok juga mengalami perubahan, mesi bentuknya tetap sama laiknya bakso namun kini cilok biasanya dijul dengan berbagai isi seperti bakso, daging, sosis dan masih banyak lagi. 

Cara membuat cilok pun sangat mudah lho ladies. Kamu cukup menyiapkan tepung aci, epung terigu, garam, gula, irisan daun bawang kemudian aduk dan beri air air panas. Aduk rata hingga kalis kemudian bentuk bulat-bulat dan isi sesuai dengan selera kamu. Rebus air hingga mendidih, masukan satu persatu cilok dan biarkan hingga mengapung kemudian angkat dan sajikan dengan saus kecang pedas dan kecap manis.

source: https://merdeka.com