source: http://lifestylerr.com/

Kuku adalah bagain tubuh yang penting bagi wanita. Buktinya, banyak sekali wanita yang melakukan berbagai cara merawat kuku seperti melakukan manicure dan pedicure atau mencoba nail art agar kuku terlihat semakin cantik. Tapi sudah tahukan kamu bahwa kuku dapat mengindikasin kondisi kesehatan tubuhmu? Mungkin enggak jarang dari kamu yang sudah tahu tentang garis putih yang sering muncul di kuku.

Tanda putih yang muncul di kuku diartikan sebagai tanda bahwa ada yang merindukan atau menyukasi kita, tantu saja ini merupakan mitos. Fatktanya, munculnya garis putih di kuku ini berkaitan dengan kesehatan tubuhmu.

Penyebab paling umum dari munculnya tanda tersebut adalah kondisi yang disebut Leukonychia. Kondisi ini ternyata bisa mengindikasikan adanya gangguan dalam tubuhmu, lho. Lalu apa saja ya, jenis Leukonychia dan pengaruhnya bagi kesehatan? Yuk, simak di sini!

source: https://www.youtube.com/

1. Leukonychia totalis
Garis putih yang muncul di seluruh kuku jari ternyata merupakan tanda kalau kamu mengalami Leuknychia Totalis. Gejala ini bisa menjadi indikasi kamu tubuh kamu kekurangan albumin atau kesulitan menyerap protein dari makanan. Kekurangan albumin ini jangan sampai diabaikan, lho, karena bisa menyebabkan gagal ginjal atau gagal hati.
2. Leukonychia partialis
Leukonychia Partialis terjadi ketika garis putih muncul di bagian lempeng kuku atau nail plate. Titik-titik putih yang muncul bisa menjadi tanda kondisi medis tertentu yang perlu diperhatikan. Nah, kalau kamu punya tanda demikian, buat memastikan enggak ada salahnya segera cek kesehatan, ya.
3. Leukonychia striata
Jika yang muncul pada kukumu adalah garis putih yang sejajar dengan pangkal kuku, artinya kamu mengalami Leukonychia Striata. Biasanya hal ini menandai tubuh kamu kekurangan vitamin dan nutrisi. Selain itu, kondisi ini bisa saja menandakan adanya gangguan pada jantung, liver dan hati. Wah, seram juga, ya!
4. Leukonychia punctata
Gejala selanjutnya yang paling sering dijumpai adalah garis putih di kuku yang muncul di beberapa jari saja. Biasanya penyebab kondisi yang disebut Leukonychia Punctata ini adalah trauma atau cedera pada kuku. Tanda tersebut akan hilang sendiri, kok, kalau kuku kamu sudah regenerasi.

baca juga

Nah ladies, itu dia macam-macam tanda putih pada kuku dan artinya pada kesehatan. So, yang perlu kamu perhatikan bukan hanya cara merawat kuku ya, tapi kenali dan perhatikan juga gejala seperti ini karena penting banget untuk kesehatanmu. Jangan lupa juga terapkan pola hidup sehat dan lakukan medical check up ke dokter ya!

source: http://www.sheknows.com/
source: http://www.stylecraze.com/

Stay healthy, ladies!