1. Membersihkan Wajah

Produk skincare untuk wanita Indonesia yang tinggal di daerah tropis idealnya adalah yang minim minyak. Jadi sebenarnya metode double cleansing dengan cleansing oil ternyata kurang sesuai untuk wanita Indonesia. Meski cleansing oil sangat ampuh untuk membersihkan sisa-sisa make up waterproof, nyatanya malah menambah beban di kulit dan tidak membantu mengontrol sebum. Sebaiknya membersihkan wajah dengan produk yang berlabel alcohol free seperti facial cleansing wipes. Di dalam produk tersebut, biasanya terkandung alkohol baik yang mampu melembabkan kulit kering dan tidak menambah produksi sebum pada kulit berminyak.

Rekomendasi produk: Innisfree Olive Real Cleansing Tissue. 

source: https://www.bukalapak.com


Bagaimana dengan facial wash? Selain cleansing wipes, tentunya kamu juga bisa memakai facial wash untuk membersihkan wajahmu. Pilih facial wash yang mengandung surfaktan baik seperti sodium laureth sulfate, cocamidopropyl betaine, cocobetaine namun hindari surfaktan penyebab iritasi seperti SLS atau sodium lauryl sulfate

Rekomendasi produk skincare Korea pembersih wajah: Neogen Real Fresh Foam Cleanser.

source: https://www.honeysu.com/
baca juga

2. Exfoliating

Dalam 10 Step Korean Skin Care Routine, disebutkan eksfoliasi kulit masuk dalam rangkaian tersebut. Meski termasuk dalam rangkaian 10 langkah Korean skincare routine, nyatanya kita tidak dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi lebih dari 1 kali selama satu minggu meski wanita Indonesia lebih banyak terpapar sinar matahari dan polusi sehingga membuat wajah jadi lebih kusam. Saat eksfoliasi, disarankan untuk menggunakan scrub yang lembut atau jika ingin menggunakan chemical peeling, gunakan produk yang non irritant seperti misalnya lactic acid. Sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi saat kulit sedang iritasi dan berjerawat. 

Rekomendasi produk skincare Korea untuk eksfoliasi: Neogen Bio-Peel+ Gauze Peeling. 

source: https://theklog.co

3. Moisturizer

Orang-orang di negara tropis sebaiknya memilih moisturiser yang bentuknya ringan dan cepat meresap. Untuk kulit berminyak sebaiknya memilih moisturiser yang mengandung oil control dan tidak memilih moisturiser berbentuk lotion kental atau krim. Kamu tahu tidak, ladies, jika sebenarnya toner atau serum pun sudah cukup untuk menggantikan moisturiser bagi pemilik kulit berminyak?
Toner atau serum yang tepat dapat menjaga kesehatan dan kelembaban kulit tanpa harus menambahkan moisturizer yang kaya minyak & emollient. Tentunya ini bertolak belakang dengan 10 Step Korean Skincare Routine yang memasukkan banyak produk pelembap seperti serum, moisturiser, dan essence sekaligus. Kulit dan iklim tempat tinggal kita yang berbeda dengan wanita Korea tidak mengharuskan kita untuk memakai produk sebanyak mereka. Setelah membersihkan wajah, kita bisa memilih salah satu toner, serum, atau moisturiser yang sama-sama mengandung pelembap. 

Rekomendasi produk skincare Korea untuk melembabkan: Nature Republic Aloe Vera 90% Toner.

source: http://meetunni.com/
baca juga

4. Sunscreen

Karena wanita Indonesia hidup di lingkungan tropis yang dekat dengan garis khatulistiwa, kita membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari atau sinar UV. Pilihlah sunscreen/sunblock yang sifatnya broad spectrum (spektrum luas) yang mampu menangkal sinar UV gelombang pendek maupun panjang. Tak hanya itu, untuk wanita Indonesia sebaiknya memilih sunscreen bertekstur ringan dan cepat menyerap. 

Rekomendasi produk skincare Korea untuk menangkal sinar UV: COSRX Aloe Soothing Sun Cream.

source: http://beautynesia.id