Mengapa disebut "okazu cake"?

Wah cake-cake ini kelihatannya enak! Eits, tapi jangan salah. Rasanya tidak manis seperti yang Minasan bayangkan lo. Karena di dalamnya diisi daging, sosis, telur, keju bahkan sayuran. Ya, okazu cake berarti roti yang diisi dengan lauk. Penampilannya pun manis untuk dilihat seperti cake!
source: https://retrip.jp/articles/4044/
Kalau dibelah bagian dalamnya seperti ini. Uwaaah penuh dengan isian lauk yang lezat. Pasti yummy!
source: http://ateliernomade.jugem.jp/?eid=310
Karena adonannya menggunakan adonan yang tidak manis, rasa roti yang gurih cocok dimakan dengan lauk apa saja. Kalau ingin makan dalam keadaan hangat, cukup panaskan di microwave selama 30 detik dan siap dimakan!
source: http://gigazine.net/news/20141223-ocazu-cake-coven/

Okazu cake shop

Popularitas okazu cake yang melejit di Jepang membuat toko-toko roti yang khusus menjual okazu cake bermunculan di Jepang. 1 buah okazu cake berkisar 300-350 Yen atau sekitar Rp 32.000 - 37.000 dengan cetakan berbentuk kotak sebesar 5 cm yang praktis dibawa ke mana-mana.
source: http://gigazine.net/news/20141223-ocazu-cake-coven/
Mungkin Minasan juga bisa menemukan roti sejenis yang dijual di beberapa gerai toko roti di Indonesia, tapi varian rasa okazu cake yang dijual di toko-toko di Jepang unik dan tidak biasa lo. Seperti makan hidangan biasa tapi dalam bentuk roti.
Ebi Chilli.
Di dalamnya ada udang yang dimasak asam manis ala masakan Cina!
source: http://portal.nifty.com/kiji/140926165252_1.htm
Hamburg Steak.
Steak daging cincang utuh-utuh dengan olesan saus di dalam roti dengan tambahan sayuran pelengkap.
source: http://portal.nifty.com/kiji/140926165252_1.htm
Spaghetti Napolitan.
Pasta dan irisan daging ham di dalam roti dipadu dengan saus tomat khas Napolitan di atasnya.
source: http://portal.nifty.com/kiji/140926165252_1.htm
Dan masih banyak lagi rasa lainnya!

Yuk bikin okazu cake sendiri!

Apakah Minasan juga tertarik membuat okazu cake sendiri di rumah? Ini dia salah satu resep mudah dengan isian yang lezat dan mengenyangkan.
source: http://cookpad.com/recipe/1850153
Bahan (untuk 1 loyang pound cake ukuran 8x20 cm)

Brokoli 3 buah
Sosis 4 buah
Telur puyuh rebus 5 butir
Tomat mini 5 buah
Self-raising flour 120 gram
Baking powder 1 sdt
Telur 2 butir
Minyak zaitun 2 sdm
Susu 6 sdm
Gula 1/2 sdm
Garam 1/2 sdt
Lada hitam secukupnya
Keju parut secukupnya
Cara membuat:

1. Rebus brokoli dengan air mendidih yang telah ditambahkan garam selama 30 detik, kemudian tiriskan dan bilas dengan air dingin. Buang daun hijau pada tomat mini. Campurkan self-raising flour dengan baking powder, kemudian ayak.
2. Untuk adonannya, campurkan telur dan gula ke dalam mangkuk, aduk rata. Tambahkan minyak zaitun sedikit demi sedikit, aduk rata dan tambahkan juga susu, garam dan lada hitam hingga adonan rata.
3. Tambahkan tepung yang sudah diayak ke dalam adonan dan aduk perlahan hingga rata. Jangan terlalu banyak diaduk jika adonan sudah rata.
4. Lapisi loyang pound cake dengan kertas kue. Tuang 1/3 adonan ke dalam loyang, masukkan sosis dan telur puyuh. Tuang lagi separuh adonan yang tersisa, kemudian susun brokoli dan tomat mini. Tuang lagi adonan yang tersisa. Taburkan keju parut di atasnya, panggang di oven bersuhu 180 Celcius selama 40 menit. Keluarkan okazu cake yang sudah matang dari loyang dan okazu cake siap disantap!
*Note: Minasan juga bisa memanggang adonan dalam cetakan muffin. Panggang dalam oven dengan suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit.
Mudah, cepat, lezat dan bergizi 'kan? Minasan juga bisa mengkreasikan isian okazu cake dengan lauk favorit Minasan!