1. Makan roti manis di pagi hari

Banyak orang beranggapan makan yang manis-manis sebaiknya dimakan di pagi hari saat sarapan, karena kalorinya akan dibakar menjadi energi dan bukan menjadi lemak.
source: http://cooking.obento.jp/search/%E8%8F%93%E5%AD%90%E3%83%91%E3%83%B3/
SALAH! Sarapan adalah waktu makan yang paling krusial. Jika Minasan makan roti manis atau camilan yang kecil porsinya, tubuh akan merasa cepat lapar dan makan lebih banyak di siang atau malam hari. Lebih baik Minasan makan yang mengenyangkan di pagi hari agar kebutuhan energi harian dapat terpenuhi dan bisa mengontrol porsi makan siang dan makan malam.

2. Makan camilan diet

Di saat diet, keinginan ngemil tentu semakin membesar dan banyak orang beranggapan makan camilan berlabel diet, low fat atau sugar free dianjurkan dan boleh makan sebanyak apapun.
source: http://hcgdiet.atspace.eu/superfood-diet-in-mendocino.html
SALAH! Jangan tertipu. Kalau Minasan jeli, justru produk-produk seperti ini mengandung pemanis buatan dan pengawet yang justru membahayakan kesehatan serta dietmu. Lebih baik ambil buah, yoghurt atau keju yang terbuat dari susu dan baik untuk diet.

3. Tidak makan setelah olahraga

Mumpung lagi semangat, lari 30 menit! Wah sudah capek-capek membakar kalori sayang kalau makan. Akhirnya Minasan pun berusaha untuk menahan lapar dan tidak makan setelah olahraga.
source: http://womensrunning.competitor.com/2013/07/training-tips/our-favorites-mistakes-and-how-to-avoid-them_14100
SALAH! Kalau Minasan tidak makan setelah berolahraga, otot-otot dapat mengendur dan metabolisme tubuh akan menurun. Lebih baik makan makanan yang sehat secukupnya dan minum air yang banyak. Tapi jangan terlalu banyak makan ya!

4. Sering minum sports drink

Setelah olahraga rasanya haus. Daripada minum air putih, katanya sports drink bisa mengembalikan mineral tubuh yang hilang jadi harus minum banyak!
source: http://www.telegraph.co.uk/news/health/11628843/Swap-tea-and-smoothies-for-more-water-to-beat-fatigue-say-experts.html
SALAH! Sports drink memang mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh, tapi minuman ini juga banyak mengandung gula. Sekalipun Minasan memilih yang sugar free, pasti ditambahkan pemanis buatan. Lebih baik minum air lebih dulu, kalau dirasa masih lemas barulah minum sports drink.

5. Makan sedikit agar cepat kurus

Makin sedikit makanan yang dimakan, makin cepat kurusnya. Lagipula karena tidak seberapa lapar, tidak makan pun tidak apa-apa. Begitu 'kan anggapan Minasan?
source: http://www.crunchyroll.com/forumtopic-888371/problem-of-a-bottomless-pit
SALAH! Makin sedikit kalori yang dikonsumsi, makin sedikit pula kalori yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan. Mengurangi jumlah kalori yang masuk secara tiba-tiba dapat membahayakan tubuh dan bisa menjadi penyebab berat badan cepat kembali seperti semula. Makan porsi sewajarnya dan perbanyak sayuran dan buah agar Minasan merasa kenyang lebih tahan lama.
Kalau selama ini Minasan melakukan kesalahan-kesalahan di atas, tinggalkan sekarang juga kebiasaan tersebut dan mulailah diet dengan gaya hidup yang lebih sehat.