1. Kenyang dengan sayuran

Saat diet, Minasan harus membatasi porsi makanan seperti nasi, daging dan makanan lainnya agar kalori yang masuk dapat dibatasi. Tapi, diet sayuran memperbolehkan Minasan makan sayuran sebanyak apapun karena sayuran rendah kalori dan tinggi serat. Makin banyak variasi sayuran yang Minasan makan akan makin baik!
Gunakan sayuran sebagai makanan pokok anda setiap hari, dan imbangi dengan air yang cukup. Selain kaya akan vitamin, tarnyata sayuran juga mempunyai fungsi detoksifikasi atau penghilang racun dalam tubuh. Makan sayuran dan buah mentah merupakan hal yang wajib. Hal itu sangat bermanfaat mengingat vitamin yang ada di dalam sayuran dapat berkurang ketika dimasak.
source: http://berbinarbinar.com/tips-diet-sehat/diet-cepat-dengan-sayuran.html
source: http://woman.excite.co.jp/blog/oishii/sid_1447676/
Sayuran untuk diet cepat:
1. Brokoli, kandungan potasiumnya sangat bermanfaat bagi tubuh. Rasa brokoli yang tidak pahit dan berair akan sangat menyenangkan bila dijadikan sebagai cemilan baru bagi anda.
2. Bayam, penting dalam menjaga kadar gula darah anda. sayuran yang identic dengan tokoh kartun popeye ini kaya akan zat besi, magnesium, dan antioksidan.
3. Tauge, membantu tubuh untuk tetap prima sepanjang hari karena kandungan berbagai vitamin dan protein.
source: http://berbinarbinar.com/tips-diet-sehat/diet-cepat-dengan-sayuran.html

2. Sayuran tidak menyita waktu

Diet dengan makan sayuran segar tentu tidak butuh proses memasak. Minasan hanya perlu mencuci sayur hingga bersih, potong-potong dan makan! Asalkan dicuci dengan benar, sayuran mentah pun bisa menjadi alternatif hidangan yang sehat dan cepat.
source: http://www.foodista.com/recipe/4TWGVMRK/raw-kale-salad
Mencuci sayur dengan air matang sama efektifnya dengan menggunakan sabun khusus pencuci sayuran dan buah. Dalam penelitiannya, para ahli membandingkan metode mencuci sayuran dengansabun khusus dengan pencucian dengan air matang. Hasilnya, ketika dicuci denganair matang 9 dari 12 pestisida yang terdapat dalam sayuran dan buah berhasil dihilangkan.
source: https://www.facebook.com/notes/rumah-sehat-holistik-jogja/tips-mengurangi-pestisida-pada-sayuran-non-organik/516514561749119

3. Kombinasikan dengan variasi dressing

Salah satu hal yang menyenangkan dari makan salad adalah dressingnya! Minasan bisa menggunakan berbagai macam dressing favorit Minasan, tapi sebaiknya pilih dressing yang sehat dan tidak menggunakan mayonaisse ya. Pilihlah dressing yang berbahan dasar minyak zaitun atau cuka.
source: http://www.chow.com/recipes/11089-fresh-thyme-vinaigrette
Dressing minyak zaitun:

Bahan:
Extra Virgin Olive Oil (minyak zaitun) 100ml. Pilih minyak zaitun yang ‘extra virgin’ karena khasiatnya untuk kesehatan lebih bagus
Bawang putih 3 siung, cincang halus
Merica bubuk (bisa juga gunakan merica hitam) 1/2 sendok teh
Perasan jeruk lemon atau jeruk nipis ± 100 ml. Bisa juga diganti dengan cuka apel
Garam 2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Bila suka tambahkan pula oregano dan basil (Italian herbs)

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan jadi satu. Aduk hingga tercampur rata. Siramkan dressing minyak zaitun ke atas bahan salad yang sudah ditata dalam mangkuk. Kombinasi sayurannya bisa disesuaikan dengan selera. Bisa dengan daun lettuce, jagung manis, paprika, umbi bit, tomat, brokolo, dsb.
2. Agar lebih praktis dan mudah disimpan, masukkan dressing minyak zaitun ini ke dalam botol (semacam botol kecap) dan tutup rapat. Tiap kali ingin menggunakannya kocok terlebih dahulu agar semua bahan dressing tercampur sempurna.
source: http://www.kabarkuliner.com/membuat-dressing-salad-yang-mudah-dan-sehat/

4. Siapkan peralatan yang tepat

Karena diet sayuran hanya diperbolehkan makan sayur, berarti Minasan harus menyediakan stok sayuran yang cukup setiap hari. Agar tidak perlu bolak-balik ke pasar atau supermarket, Minasan harus pintar-pintar menyimpan sayuran agar awet di kulkas. Apa saja peralatan yang diperlukan?
source: http://www.nosestud.co.nz/ziplock-bags.html
Kantung plastik bening dengan zip lock kedap udara untuk menjaga kesegaran sayur dan agar tidak cepat busuk.
source: http://www.ninasoap.com/2015/01/29/natural-alternatives-for-paper-towel/
Paper towel untuk menyerap air dan menjaga kelembaban sayuran.

5. Ketahui cara benar menyimpan sayuran

Sebelum memulai diet sayuran, penting untuk mempelajari cara menyimpan sayuran. Berikut cara menyimpan beberapa jenis sayuran seperti sayuran berdaun hijau, kol dan lettuce.
source: http://www.st-c.co.jp/plus/season/2014_06/02.html
source: https://lidea.today/articles/669
Simpan sayuran hijau dalam posisi berdiri dengan sayuran menghadap ke atas agar tingkat kesegaran tak mudah hilang. Semprot dengan sedikit air dan bungkus dengan paper towel atau koran dan simpan di kulkas dalam keadaan berdiri. Jika disimpan di dalam kantung kedap udara dengan zip lock dan diletakkan di dalam kemasan karton bekas susu makan akan lebih lama awetnya.
source: https://lidea.today/articles/669
Jika ingin menyimpan 1 buah kol utuh, ambil bagian intinya dengan pisau dan isi dengan paper towel yang sudah dibasahi. Masukkan ke dalam kantong kedap udara dan simpan di kulkas dengan posisi menghadap ke bawah.
source: https://lidea.today/articles/669
source: http://www.seikatsuclub.coop/biosapo/kondate/preserve/
Potong bagian inti lettuce, kemudian balut dengan paper towel dan masukkan ke dalam kantung kedap udara dan simpan di kulkas dengan posisi menghadap ke bawah. Jika dibiarkan begitu saja setelah dibeli dari supermarket, akan cepat membusuk. Ganti paper towel setiap kali mengambil lembaran lettuce yang baru.
source: https://lidea.today/articles/669
Nah, sudah siap untuk makan sayuran setiap hari menuju tubuh langsing dan sehat?