Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Vitamin D berperan penting pada kesehatan tulang sebab vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam makanan. Penelitian pun menunjukkan vitamin D berperan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit diabetes tipe 1 dan 2, intolerasi glukosa, dan penyakit multiple sclerosis. Kekurangan vitamin D selalu dihubungkan dengan penyakit rakitis di mana jaringan tulang tidak dapat memineralisasi tulang dengan baik sehingga tulang tidak kuat dan terjadi kelainan bentuk tulang. Kekurangan vitamin D ditandai rasa sakit pada tulang dan kelemahan otot. Namun gejala ini tidak selalu muncul dan bersifat subjektif.
source: http://meetdoctor.com/article/kekurangan-vitamin-d

Hirup Aroma Apel Hijau

Penelitian yang dilakukan the Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS, beranggapan bahwa aroma yang diberikan oleh apel hijau mampu mengimbangi kontraksi otot yang terjadi di kepala dan leher, sehingga memberikan rasa yang melegakan di kepala. Dalam penelitian sebelumnya, bau dari apel hijau juga ditemukan dapat melawan kegelisahan.
source: http://adiraga.id/2015/04/tips-mengatasi-nyeri-sendi/

Lakukan Meditasi

Menurut Michael F. Roizen, MD. Chief wellness officer dari Wellness Institute of the Cleveland Clinic, meditasi akan membantu memperbaiki rasa sakit seperti radang sendi, diabetes tipe 2, dan autoimun. Sakit pada punggung misalnya, rasa nyeri ini akan bertambah saat Minasan memfokuskan diri pada rasa sakit tersebut. Sebaliknya, kamu harus mengambil langkah untuk mengurangi fokus tersebut.
source: http://life.viva.co.id/health_and_sex/read/341123/meditasi--cara-efektif-redakan-nyeri-punggung

Terapi Magnetik

Produk terapi magnet modern datang dalam segala bentuk dan ukuran, dan terbuat dari berbagai bahan. Perhiasan magnetik adalah aksesori yang sangat populer, karena pemakainya terlihat modis dan bijaksana menggunakannya. Produk terapi magnet lainnya termasuk mendukung sendi dan perban magnetik, yang dirancang untuk menawarkan pengobatan yang lebih terkonsentrasi untuk rasa sakit dan ketidaknyamanan di bagian-bagian tertentu dari tubuh seperti sol magnetik untuk sepatu, magnetik kursi dan kasur bantalan, dan berbagai macam produk lain di pasaran. Terapi magnet dalam berbagai bentuknya telah diklaim menghasilkan efek menghilangkan rasa sakit yang positif dalam pengobatan sejumlah besar kondisi, termasuk sakit punggung dan leher, arthritis, nyeri otot, carpal tunnel syndrome.
source: http://bandung.bisnis.com/read/20141108/23/520515/terapi-magnetik-bagi-tubuh-anda

Chromotherapy

Warna memiliki energi tertentu di dalamnya, semacam kemampuan untuk menentukan perasaan kita. Berdasarkan hal tersebut, terapi warna (chromotherapy) telah lazim dilakukan masyarakat sejak zaman dahulu untuk memperbaiki suasana hati. Warna memengaruhi bagaimana kita merasa dan juga terkait dengan banyak emosi. Terapi warna mendasarkan dirinya pada keyakinan bahwa warna juga memiliki sifat penyembuhan. Walaupun terapi warna masih termasuk kategori pseudosains, dengan hasil yang masih diragukan. Hanya saja, banyak orang masih menjalaninya dan menggunakan prinsip-prinsip terapi warna untuk membawa perubahan positif dalam hidup mereka.
source: http://www.amazine.co/28586/terapi-warna-makna-7-macam-warna-dalam-chromotherapy/

Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan dalam melalui perut dapat mengaktifkan saraf parasimpatis, sehingga mampu meredakan nyeri dan ketegangan. Cukup dilakukan 2 kali sehari, masing-masing selama 2-3 menit. Caranya dengan berbaring telentang, satu tangan di dada dan satu lagi di perut. Tarik napas dalam-dalam menggunakan perut, hitung sampai 5 sambil membayangkan balon yang makin menggembung, lalu lepaskan perlahan dalam hitungan yang sama. Tangan diletakkan di dada dan perut untuk memastikan napas dilakukan melalui perut, bukan dada.
source: http://health.detik.com/read/2010/11/30/124359/1505630/766/teknik-pernapasan-untuk-4-penyakit