Fisioterapi

Para ahli fisioterapi telah terlatih untuk mendiagnosa masalah-masalah yang sering menjadi pokok permasalahan nyeri pada sendi dan otot secara tepat dan efektif. Fisioterapi tidak hanya menyembuhkan rasa sakit secara sementara, tetapi juga membantu memperbaiki postur tubuh yang tidak benar, memperbaiki gerakan-gerakan, dan membantu mencegah problem di masa yang akan datang.
source: http://www.eastwest.co.id/id/apa-itu-fisioterapi.html

Pemijatan

Pijat adalah istilah umum untuk kegiatan memberi tekanan pada anggota tubuh terutama otot, tendon, dan ligamen dengan teknik tertentu. Pijat dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti pijat jaringan dalam yang merupakan perawatan paling tepat dalam menangani nyeri dan kekakuan kronis pada tubuh. Terapis akan melakukan gerakan lambat terfokus pada bagian tertentu. Selain itu ada pijat shiatsu yang dalam Bahasa Jepang berarti tekanan jari. Pemijat akan menggunakan tekanan bervariasi dengan jari pada titik-titik yang disebut titik akupresur. Titik ini dipercaya menjadi bagian-bagian penting energi tubuh. Selanjutnya ada pijat thai. Seorang terapis akan menggerakkan tubuh pasien ke berbagai posisi untuk menekan otot tertentu. Ada juga refleksologi yaitu pemijatan menggunakan tangan dan jari untuk menstimulasi area tertentu pada kaki.
source: http://www.alodokter.com/sehat-dengan-terapi-pijat-yang-tepat

Akupunktur

Menurut Daniel Cherkin, seorang investigator senior dari Pusat Kelompok Kesehatan dari Penelitian Kesehatan di Seattle, semua jenis akupunktur bisa membantu perawatan rutin. Akupunktur sangat efektir untuk perawatan sakit di bagian belakang kronis. Pasien yang menjalani akupunktur cenderung lebih cepat membaik. Seorang terapis berlisensi dan asisten dosen untuk pengobatan tambahan dan integrasi di University of Miamy Miller School of Medicine, Janet Konefal mengatakan, semua jenis akupunktur bisa berhasil jika dilakukan dengan sesuai. Kita memahami tidak hanya menggunakan stimulasi jarum, yang dapat menyakitkan untuk sebagian orang, kini kita bisa menggunakan laser, jarum yang lebih kecil atau mungkin hanya stimulasi elektrik.
source: http://www.kamusilmiah.com/kesehatan/akupunktur-atasi-nyeri-punggung/

Hidroterapi

Hidroterapi adalah metode pengobatan menggunakan air untuk mengobati penyakit atau meringankan kondisi yang menyakitkan. Hidroterapi terkait dengan terapi hidrotermal, di mana suhu air yang diubah-ubah digunakan untuk menyembuhkan. Saat ini berbagai metode digunakan dalam hidroterapi seperti mandi air hangat, mengompres, membilas, menggunakan uap air, sauna, dan sebagainya. Hidroterapi digunakan untuk mengobati berbagai masalah tulang belakang, ankylosing spondylitis, dan arthritis. Hidroterapi juga digunakan untuk orang yang menderita kelumpuhan, stroke, dan luka bakar.
source: http://www.amazine.co/22293/apa-itu-hidroterapi-cara-kerja-6-metode-terapi-air/

Osteopati

Pengobatan yang ditawarkan oleh seorang ahli osteopati adalah non infasif. Mereka menggunakan teknik pemijatan, manipulasi atau penyesuaian sistem kerangka dan peregangan untuk menguraikan hubungan yang seharusnya tidak terbentuk di dalam tubuh. Hasilnya mendukung kembali tubuh dalam memperbaiki keselarasan dan fungsi. Sendi, saraf, dan otot termasuk dalam pengobatan osteopati.
source: http://doktermu.com/Pengobatan-alternatif/bagaimana-cara-kerja-osteopathy.html

Chiropractic

Chiropractic adalah sebentuk terapi manipulasi, dimaksudkan untuk membantu mengobati berbagai masalah dari nyeri otot, cedera olahraga, serta sakit kepala akibat stres.
source: http://www.amazine.co/1433/4-tips-chiropractic-untuk-menyembuhkan-sakit-kepala/