Bukan Hanya Terdapat Pada Deterjen

Tidak hanya terdapat pada sabun hingga deterjen, parfum atau fragrance juga terdapat pada kosmetik. Kamu harus waspada, karena terkadang produk yang tidak mengeluarkan aroma parfum bisa saja mengandung turunan pewangi yang bertindak sebagai zat penutup. 

source: http://www.permanentmkup.com

Penyebab Iritasi Pada Kulit Sensitif

Jika kulitmu termasuk kulit sensitif dan langsung bereaksi pada satu produk kosmetik, kamu bisa meneliti kandungan pada produk tersebut apakah terdapat parfum di dalamnya. Kalau iya, berarti kamu harus menghindari produk tersebut. Kandungan parfum dalam sebuah produk kosmetik bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi pada kulit serta timbulnya jerawat. Lebih berbahaya lagi, bagi kamu yang memiliki alergi pada kandungan parfum akan timbul peradangan, gatal-gatal, hingga gangguan pernapasan.
 

source: http://skin.co.id

Bagi kulit yang tidak sensitif, kemungkinan besar tidak akan terjadi reaksi pada parfum dalam kosmetik. Namun bukan berarti aman-aman saja memakai kosmetik dengan kandungan parfum di dalamnya. Efek dari bahan kimia parfum lama-lama akan menumpuk dan bisa menyebabkan peradangan di bawah permukaan kulitmu.

baca juga

Menimbulkan Penyakit

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Canadian Cosmetic, parfum dapat memicu alergi dan asma, menyebabkan gangguan hormon, dan dalam banyak kasus sangat berbahaya bagi ikan dan satwa liar lainnya setelah mereka terkontaminasi oleh limbahnya. Gak hanya itu, kamu akan merasakan berbagai efek samping setelah pemakaian seperti sakit kepala, ruam, hiper-pigmentasi, batuk, muntah, serta iritasi kulit. 
 

source: https://www.merdeka.com
Ngeri banget, ya, dampak parfum pada kulit kita. Mulai sekarang, kamu harus hati-hati dalam memilih kosmetik dan skin care. Pastikan tidak ada kandungan parfum berbahaya dalam produk yang kamu pilih agar kamu terhindar dari penyakit di masa depan. Sebaiknya pilih kosmetik atau skin care yang mengandung essential oils di dalamnya dan bukan parfum dengan bahan kimia tertentu.