Siklus Menstruasi Wanita


Siklus menstruasi yang normal umumnya terjadi pada 28 hari sekali. Meski yang terjadi pada setiap wanita bervariasi dan tidak sama pada masing-masing individu. Beberapa wanita bahkan mengalami menstruasi kurang atau lebih dari 28 hari. Siklus menstruasi merupakan rentang waktu yang dihitung mulai dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Meski bervariasi, namun hal tersebut masih termasuk dalam siklus haid yang normal selama tidak terjadi kurang dari 22 hari atau lebih dari 36 hari dengan waktu menstruasi rata-rata berkisar 4-7 hari. 


 

Proses Terjadinya Menstruasi atau Haid dan Ovulasi


Hari pertama menstruasi terjadi ketika dinding rahim yang menebal untuk mempersiapkan diri dengan kehamilan, meluruh dan berubah menjadi darah karena tidak adanya proses pembuahan. Darah ini kemudian keluar melalui vagina.

Pada saat-saat tersebut, sel telur mulai berkembang dan tumbuh di dalam ovarium untuk persiapan pembuahan dan menjadi bayi. Namun, seringkali haid datang terlambat dan menyebabkan kita sedikit cemas. Bagaimana cara menghitung periode haid yang benar?

source: http://feminaxstayactive.com


 

baca juga

Cara Menghitung Periode Menstruasi


Kamu harus menyiapkan kalender sebelum menghitung periode menstruasi. Tandai hari pertama menstruasi minimal tiga bulan terakhir. Hitung siklus haid dari hari pertama menstruasi di bulan tersebut hingga hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Jika siklusmu teratur, misalnya 30 hari setiap bulannya, maka peristiwa ovulasi terjadi di hari ke-16, terhitung sejak pertama hingga hari terakhir menstruasi berhenti.

Namun, waktu menstruasi yang sering berubah-ubah juga mempengaruhi siklus ovulasi, lho! Walau kamu tidak melakukan hubungan seks, ternyata ada beberapa cara yang bisa menunda haid hingga haidmu datang terlambat!
source: https://www.sehatki.com


 

Cara Menunda Haid Secara Alami


1. Diet Makanan Pedas


Ada berbagai cara yang bisa membuat haidmu tertunda. Jika kamu termasuk orang yang menyukai makanan pedas namun tidak mengonsumsi makanan pedas dalam jangka waktu panjang, hal ini bisa mempengaruhi siklus haid. Diet makanan pedas seperti cabai dan rempah-rempah adalah cara menunda haid yang dikenal ampuh. 

source: https://www.brilio.net


 

2. Konsumsi Cuka Apel


Cuka apel dipercaya bisa menjadi menunda haid. Caranya adalah mencampur air mineral dengan tiga sampai empat sendok cuka. Dengan meminum ramuan cuka apel, kamu bisa memperlambat gejala haid dan mengurangi derasnya pengeluaran haid. Kamu bisa meminumnya setidaknya dua atau tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

baca juga
source: https://www.brilio.net


3. Olahraga 


Olahraga berat juga dapat memicu stress fisik. Kalau kamu memilih olahraga berintensitas seperti aerobik, berenang, dan bersepeda gunung, kamu bisa menunda haid. Jadi, cobalah olahraga ini sebelum siklus haid tiba.
 

source: http://www.momjunction.com