Penuaan dini bisa terjadi pada siapa saja. Masalah ini tentunya akan sangat merugikan kita jika tidak di atasi dengan segera lho Beautynesian. Seiring bertambahnya umur, jaringan elastin dan kolagen pada tubuh manusia akan semakin melemah sehingga mulai membutuhkan produk anti aging. Hal ini tentunya akan menyebabkan elastisitas kulit menjadi menurun sehingga kulit menjadi lesu dan keriput.

source: https://sayahidupsehat.com

Namun sayangnya masalahan penuaan tidak terjadi pada orang yang sudah berumur saja melainkan bisa terjadi pada kaum muda. Kira-kira apa penyebab dari penuaan dini tersebut? Berikut penyebab dan solusinya.

 

Pola Makan

Pola makan sangat berpengaruh terhadap perkembangan metebolisme tubuh. Dengan menjaga pola makan yang baik tentunya kamu akan mendapatkan banyak dampak positif, mulai dari sisi kesehatan, kebugaran dan kesegaran.

So, singkatnya, jika kamu memiliki pola makan sehat yang baik dengan mengkonsumsi makanan seperti sayur, buah dan daging secara tepat maka ketiga manfaat diatas akan segera kamu dapatkan.

 

source: https://tirto.id

Note :

  • Sayuran dan buah memiliki kandungan yang dapat mencegah kerusakaan dini pada tubuh
  • Vitamin E (Almond,bayam dsb) memiliki manfaat melindungi kerusakan kulit akibat sinar ultra violet. Sementara vitamin lain seperti vitamin A,B2 dan C membantu mencegah kerusakan pada kolagen dan berbagai kerusakaan lainnya.
  • Mengkonsumsi buah dan sayuran hijau dengan porsi banyak sangat di sarankan buat kamu yang memiliki pola makan yang buruk sebelumnya.
  • Kurangin konsumsi minuman bersoda, alkohol dan gula
Jangan lupa untuk memilih jenis sayuran hijau dan buah-buahan yang beragam setiap harinya ya Beautynesian, agar asupan vitamin untuk tubuh kamu sempurna dan kesegaran tubuh kamu meningkat.

 
baca juga

Menjaga Pola TIdur

Tidur merupakan salah satu kegiatan peremajaan (anti aging) yang paling mudah dan efektif untuk kamu lakukan. Dengan pola tidur cukup, metabolisme sel-sel kulit kamu berevolusi dengan baik. Why? Pada dasarnya, irama tubuh akan mempengaruhi kondisi kulit.

Jika tubuh kamu kelelahan maka kulit tubuh kamu akan terlihat lelah dan lesu. Nah! Sebaliknya, jika kamu memiliki pola tidur cukup maka tubuh akan terasa lebih segar, sehingga kulit kamu pun akan terlihat lebih cerah dan bugar.
source: https://www.tabloidbintang.com

Note :

  • Pola tidur yang baik adalah 7 sampai 8 jam dalam sehari
  • Buatlah kondisi tidur yang senyaman mungkin untuk mendapatkan kualitas istirahat yang baik. (misalnya sambil mendegar musik, dengan suasana lampu remang/gelap, bantal tebal dsb yang bisa membuat kamu lebih nyaman)
  • Menjaga pola makan yang baik agar kamu tidak kelaparan saat jam tidur
  • Hindari konsumsi kafein (kopi, teh dsb) 12 sebelum jam tidur kamu.
Mengikut pola tidur 8 jam mungkin sulit untuk sebagian orang. So, kamu bisa memanfaatkan tips kualitas tidur yang baik dengan menciptakan suasana tidur senyaman mungkin agar tidur singkat kamu berati.

Menjaga Tingkat Stres

Salah satu peyebab yang paling bebahaya yang menyebabkan penuaan dini adalah stres. Stres memang hal yang tidak bisa kita hindari dengan begitu saja, namun bisa kita siasati kok. Stres biasanya berumula dari seberapa besar permasalahan yang sedang kamu selsaikan.

Mulai dari masalah pekerjaan, sosial hingga keluarga sangat retan membuat tingkat stres kita melonjak tinggi. Buruknya lagi, stres dapat menciptakan kondisi tubuh yang buruk, mulai dari mengacau pola makan hingga yang terpenting yaitu kondisi wajah.

 

source: https://www.pageuppeople.com

Semakin tinggi tingkat stres kamu maka kulit wajah akan seiring mengikuti perubahan perasaanyang drastis. Misalnya, jika kamu sedang dalam keadaan senang, maka wajah kamu akan terlihat lebih segar dan cerah. Tapi jika kamu sedang mengalami stres maka wajah kamu akan lebih terliahat murung, lelah serta timbul kerut di beberapa bagian penting seperti dahi, lingkat mata dan pipi.