Kehidupan di kampus selalu dikaitkan dengan kehidupan yang lebih bebas dan fun jika dibandingkan dengan kehidupan di SMA. Apa benar kuliah itu akan selamanya lebih bebas dan mudah? Sebelum kamu berharap banyak, coba cek dulu beberapa ekspektasi yang kadang tidak sesuai dengan realita di kehidupan nyata ini. Sedangkan buat kamu yang sudah menyandang status sebagai mahasiswa, bener enggak sih realita kehidupan kampus-mu seperti ini? Yuk sharing bareng!


Ekspektasi: Jadi pusat perhatian di kampus karena pakaian yang sophisticated
Realita: Kaos dan jeans memang kombinasi paling nyaman deh buat ngampus!

Di film, kelihatannya kamu mudah ngeksis dan tampil populer, bahkan sampai menyita perhatian karena penampilanmu yang sangat modis ala para model. Kenyataannya? Jangankan tampil modis setiap hari, ada waktu buat dandan dan tidak terlambat saja sudah bagus!


Ekspektasi: Makan enak di restoran bareng sahabat #squadgoals
Realita: Makan hemat karena uang bulanan sudah menipis #yangpentingkenyang

Sudah kuliah, kamu mendambakan kehidupan yang lebih bebas di kosan? Bebas sih bebas, tapi bukan berarti kamu bisa bebas makan enak setiap hari lho! Coba diingat-ingat, bulan ini sudah bayar kos belum? Sisa uang bulanannya masih ada banyak enggak nih?

source: https://giphy.com

Ekspektasi: Lebih mudah mendapatkan nilai A karena dosen yang woles
Realita: “Kayaknya gue bisa ngerjain ujian dengan baik, kok malah dapet C sih?!”

Pernah merasakan skenario mendapatkan nilai jelek di saat kamu pede mengerjakan soal ujian? Faktanya, kuliah tidak menjamin kamu akan selalu mendapatkan dosen yang lebih woles. Alih-alih murah hati memberikan nilai, ada banyak juga dosen killer yang sangat pelit dan kerap memberikan nilai rendah untuk mahasiswanya. Makanya, jangan lupa belajar yang benar sebelum ujian ya!


Ekspektasi: Akhirnya weekend bisa jalan-jalan buat refreshing.
Realita: Ternyata ada deadline 3 tugas paper dan 2 quiz pas masuk nanti. Bye rencana liburan!

Menjelang akhir semester ataupun ujian, biasanya suka ada dosen yang berniat memberikan mahasiswanya kesempatan untuk menambah nilai. Caranya? Tentu saja dengan memberikan tugas dan quiz! Sering mengalami kejadian batal liburan karena tugas dan quiz enggak, Ladies?

source: https://giphy.com
baca juga


Ekspektasi: Tinggal di asrama/kos pasti asik deh, kayak di film-film gitu bisa have fun setiap hari
Realita: Kamar asrama/kos terlalu sempit dan fasilitas banyak yang rusak. Huft.

Tinggal di asrama atau kosan memang berarti kamu lebih bebas karena tidak diawasi secara langsung oleh orang tua. Tapi ada masanya kamu pasti akan kangen rumah ataupun enggak betah di kosan dan asrama karena fasilitasnya ataupun kamarnya yang tidak seperti kamar kamu di rumah. Sedih deh!


Ekspektasi: “SMA masuk pagi terus, kuliah asik nih bisa masuk siang”.
Realita: Jangan kaget kalau selama 3 semester berturut-turut kamu dapat kelas pagi ya!

Kalau disuruh memilih, banyak mahasiswa pasti menginginkan kelas siang atau sore agar tidak perlu bangun pagi. Namun apa daya jika kamu telat mendaftar kelas ataupun kebagian jadwal kuliah pagi, apalagi kalau sampai 3 semester berturut-turut.
 

source: https://giphy.com


Ekspektasi: Nyicil tugas dari sekarang biar cepet selesai dan bisa hangout.
Realita: Bermain-main dahulu, nugas-nugas kemudian~

Tugas membuat paper sebanyak 20 halaman ataupun tugas essay 1000 kata kemungkinan besar akan kamu kerjakan saat sudah mepet deadline. Rencanamu untuk mencicil tugas pasti akan selalu gagal deh!

source: https://giphy.com/hollywoodsuite
baca juga


Ekspektasi: Sabtu malam jalan sama gebetan
Realita: Sabtu malam ada kelas 4 sks

Tidak semua kampus memberlakukan hari Sabtu sebagai hari libur. Masih ada lho beberapa kampus yang mengadakan perkuliahan di hari Sabtu. Jangan sampai kamu kebagian kelas di hari Sabtu malam ya, Ladies! Malam Minggu bukannya ketemu gebetan, malah ketemu dosen deh jadinya.

source: https://giphy.com/novembercriminals


Walaupun kuliah dipenuhi dengan suka duka tersendiri, jangan lupa juga untuk selalu menikmati masa-masa ketika kamu menjadi mahasiswa ya, Beautynesian! Nanti setelah lulus, dijamin kamu akan rindu deh dengan semua pengalaman di kampus!

source: https://giphy.com