Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih cara untuk menghilangkan noda


Sebelum mambahas fashion hacks untuk membersihkan noda di pakaian, sebaiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini dulu ya, Beautynesian!
1. Kenali dulu noda apa yang ada di pakaianmu. Noda bisa berasal dari sumber yang berbeda-beda, sebelum kamu membersihkannya, kamu harus tahu terlebih dahulu sumber noda tersebut.
2. Kenali jenis kain untuk hasil yang lebih maksimal. Setiap kain memiliki karakter yang berbeda,jadi tentunya kamu juga harus mengenali jenis kainnya terlebih dahulu agar membersihkannya lebih maksimal dan kamu tidak akan merusak kain tersebut.


 

Cara membersihkan noda seketika di pakaian


1. Jus lemon
Lemon memang memiliki banyak sekali manfaat, bukan hanya berguna di dapur, kamu juga pasti sudah tahu kalau lemon punya banyak manfaat untuk kulit. Tapi enggak hanya sampai di situ, lemon ternyata juga bisa membantu kamu menghilangkan noda di pakaian, lho! Terutama noda yang diakibatkan buah dan juga noda karat nih!

Caranya mudah banget, sebelum kamu mencuci, campurkan jus lemon dengan air dengan skala 1:1, kemudian oleskan pada bagian pakaian yang terkena noda. Diamkan beberapa saat sebelum kamu menyikatnya dengan sikat dengan lembut, kemudian cuci seperti biasa dan temui nodanya telah menghilang kemudian!

source: https://www.livescience.com/
baca juga

2. Cairan pencuci piring
Fashion hacks yang kedua adalah membersihkan noda di pakaian menggunakan sabun pencuci piring. Karena sabun pencuci piring sangat berguna untuk membersihkan segala jenis noda di piring, maka kamu juga bisa mencobanya untuk membersihkan noda saus, minyak, atau noda kunyit di pakaianmu.

Caranya adalah dengan mencampurkan sabun pencuci piring dengan air secukupnya, lalu gosokkan pada noda menggunakan sikat gigi. Lakukan hingga noda luntur lama kelamaan. Setelah itu cuci seperti biasa.

source: http://www.makelifelovely.com/

3. Putih telur
Kamu pasti setuju jika noda cat atau noda oli adalah noda yang amat sulit dihilangkan dari pakaian. Ternyata caranya mudah banget lho, ladies! Kamu hanya membutuhkan putih telur untuk membersihkannya.

Caranya adalah dengan mengoleskan putih telur dan gosokkan selama beberapa menit, kemudian rendam pakaian delama satu malam. Keesokan harinya, kamu hanya perlu mencucinya seperti biasa. 

source: https://www.thespruce.com/
baca juga

4. Tissue basah atau alkohol
Ada noda make up di pakaianmu? Kamu bisa mencoba membersihkannya dengan tissue basah. Jika kurang ampuh, kamu bisa membersihkannya dengan alkohol menggunakan kain atau kapas. Gampang banget, kan?

source: https://www.shefinds.com/

5. Asam sitrat
Senyawa yang berasal dari tumbuhan genus citrus atau jeruk-jerukan ini biasanya digunakan untuk bahan penguat dan pengawet makanan dan minuman. Asam sitrat akan mudah kamu temukan di warung-warung. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh asam sitrat dengan seember air untuk merendam pakaian yang penuh lumpur. Dalam waktu beberapa jam saja, noda lumpur akan luntur sempurna dari pakaianmu!

source: https://berkaos.com/

Itu dia fashion hacks membersihakn noda dipakaian yang wajib kamu tahu. Selamat mencoba!