Ketahui Jenis Kulit Kamu dan Pilih Foundation yang Tepat

Tips makeup tidak cakey yang pertama perlu kamu terapkan adalah mengetahui terlebih dahulu jenis kulit kamu. Hal ini akan membantu kamu dalam memilih foundation yang tepat. Jika kamu memiliki jenis kulit oily, gunakan foundation yang oil free. Sebaliknya jika wajah kamu kering, jangan pilih foundation dengan finishing matte. 

Oleh karena itu, jika jenis kulitmu kering, pilihlah foundation dengan oil-based untuk menjaga kulit tetap lembap dan pilih foundation dengan formula water-based atau yang menjaga riasan agar tidak mengkilap jika kulit kamu termasuk oily.

source: http://www.tampilcantik.com


 

Aplikasikan Face Primer

Selalu aplikasikan face primer sebelum foundation. Face primer ini berfungsi sebagai pelembap sekaligus oil control sehingga kulit wajah kamu tidak mengkilap, lembap dan bahkan bisa menghaluskan pori-pori. Selain itu, face primer dapat membuat foundation yang kamu pakai nantinya lebih menempel. 

Face primer ini manfaatnya hampir sama seperti cat pelapis dinding sebelum dicat dengan warna. Face primer akan membuat makeup lebih awet dan tentunya makeup juga tidak mudah cakey.

source: http://naiaslimming.com


 

baca juga

Let it Settle, Jangan Terburu-Buru

Sebenarnya bisa dimaklumi kalau seorang wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk berdandan. Hal ini dikarenakan untuk tampilan yang sempurna perlu beberapa makeup tools dan tentunya membutuhkan waktu untuk masing-masing bisa diserah dan menempel di kulit wajah dengan sempurna. Nyatanya, melakukan makeup yang terburu-buru justru akan membuat makeup kamu menjadi cakey.

So, tips makeup
selanjutnya agar tidak cakey adalah let it be settle. Saat memakai face primer biarkan beberapa saat sekitar 5 - 10 menit baru kemudian kamu memakai foundation. Setelah memakai foundation juga biarkan foundation kering. Jika foundation masih dalam keadaan basah dan kamu timpa dengan bedak, beberapa jam kemudian makeup kamu juga bisa cakey.

source: https://www.psychologytoday.com


 

Hindari Menggunakan Foundation dan Concealer yang Terlalu Tebal

Tips makeup selanjutnya agar tidak cakey adalah memakai foundation dan concealer secukupnya. Penggunaan foundation dan concealer yang terlalu tebal justru hasilnya juga akan tampak cakey. Cukup gunakan concealer pada area yang kamu butuhkan dan aplikasikan foundation tipis-tips saja. Pastikan juga warnanya sesuai dengan kebutuhan atau warna kulit kamu. 

source: http://www.bollywoodshaadis.com


 

baca juga

Gunakan Aplikator yang Tepat

Hal yang perlu kamu perhatikan untuk tips makeup tidak cakey berikutnya adalah pemilihan aplikator yang tepat. Jika kamu memakai foundation dengan tekstur liquid, kamu bisa gunakan spons atau kuas foundation dalam bentuk apapun. Sedangkan untuk foundation dengan tekstur cream ataupun powder gunakan kuas foundation berbentuk bulat yang padat dan spons makeup atau beauty blender. 

Aplikator ini dapat membuat warna foundation tersebar merata dan hasilnya lebih halus. Saat menggunakan beauty blender, pastikan gerakannya seperti menepuk-nepuk, bukan mengusap atau menyeretnya. Sebenarnya bisa juga kamu mengaplikasikan dengan tangan, namun biasanya hasilnya kurang merata.

source: http://akucantik.id


 

Setting Powder dan Setting Spray

Jangan lupa, untuk finishing selalu gunakan setting powder dan setting spray. Pemakaian bedak dapat membantu agar makeup lebih tahan lama dan nantinya dapat juga menyerap minyak berlebih yang ada pada wajah. Setting powder tentunya juga berfungsi untuk mencegah agar makeup tidak cakey dan membuat riasan terlihat lebih halus.

Selain itu, setting powder membuat foundation tidak gampang hilang meskipun kulit sudah mulai berminyak. Cukup aplikasikan bedak di daerah oily seperti T-zone. Untuk mengaplikasikannya kamu bisa gunakan kuas besar dan aplikasikan tipis-tipis dulu agar mendapatkan hasil yang lebih halus dan tidak cakey. Selanjutnya, setting spray berfungsi untuk blending atau menyatukan semua komposisi makeup dan bedak sehingga look secara keseluruhan lebih natural dan lebih tahan lama.

source: http://www.bostonmagazine.com


 

Rajin Eksfoliasi Kulit

Selain langkah-langkah ber-makeup, yang harus kamu perhatikan lagi adalah perawatan kulit wajah. Salah satunya adalah dengan rajin melakukan eksfoliasi. Setidaknya lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menyingkirkan komedo dan kotoran di wajah sehingga kulit menjadi lebih halus dan mulus. Jika demikian, maka foundation akan menempel dengan sempurna dan tentunya keseluruhan makeup terlihat flawless serta tidak cakey.

 

source: https://www.healthyoptions.com.ph