Bahan yang Dibutuhkan


Bahan Adonan Banana Nugget

  • 4 buah pisang, bisa dihancurkan dengan food processor atau dengan garpu
  • 2 butir telur
  • 100 gr tepung terigu, agar adonan lebih merekat
  • 15 gr gula pasir
  • 30 gr susu bubuk, bisa diganti krimer atau susu kental manis namun tidak terlalu banyak agar adonan tidak terlalu cair.


Bahan Selimut Banana Nugget

  • Tepung terigu
  • Telur
  • Tepung panco atau panir atau roti
  • Toping sesuai selera (meses, cokelat, atau keju)


Cara Membuat


Langkah 1: Campurkan Bahan
Untuk membuat resep makanan banana nugget yang sedang hits, kamu bisa campurkan empat buah pisang, 2 butir telur, 100 gram tepung terigu, 15 gram gula pasir, dan 30 gram susu bubuk atau krimer ke dalam food processor. Blender semua bahan agar tercampur. Selain dengan food processor, kamu bisa menggunakan loyang dan mengaduknya dengan manual. Jangan terlalu lama mengaduk agar tekstur pisang tidak hilang.

source: http://youtube.com
baca juga


 

Langkah 2: Masukkan ke Dalam Loyang

Setelah semua bahan tercampur dengan sempurna dan halus, langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan ke dalam loyang. Jangan lupa untuk melapisi loyang dengan tepung roti terlebih dahulu agar adonan tidak lengket di loyang dan bisa diangkat dengan mudah saat matang.

source: http://youtube.com


 

baca juga

Langkah 3: Kukus atau Panggang

Adonan yang telah berada di dalam loyang kini bisa kamu matangkan. Kamu bisa panggang atau kukus adonan selama 15-20 menit.
 

source: http://youtube.com
source: http://youtube.com

Tips: Pada saat mengukus adonan, jangan tutup rapat panci kukusan. Letakkan tutup panci agak miring agar uap bisa keluar dan adonan tidak overcook atau bergelembung.

 

Langkah 4: Potong-Potong

Setelah 20 menit mengukus atau memanggang adonan, keluarkan adonan yang sudah matang dan tunggu sampai dingin. Jika adonan sudah mendingin, keluarkan adonan dari loyang lalu potong menjadi beberapa bagian sesuai seleramu. 

source: http://youtube.com


 

Langkah 5: Jadikan Nugget

Langkah terakhir untuk menyelesaikan resep masakan ini ialah buat menjadi nugget. Siapkan tepung terigu, telur, dan tepung panco atau panir di wadah yang berbeda. Balurkan adonan dengan tepung terigu, lalu balurkan dengan telur yang sudah dikocok dan diberi sedikit garam, kemudian balurkan dengan tepung panco atau panir. Agar lebih gurih, taburkan juga sedikit garam di tepung terigu dan tepung panir. Jika kamu menyukai nugget yang crispy, kamu bisa mengulangi langkah ini langkah ini sebanyak satu kali. 

source: http://youtube.com

Note: adonan yang sudah dibalurkan dengan tepung panir bisa disimpan di dalam freezer selama tiga bulan, lho! Jadi cocok banget jika kamu mau membuka usaha pisang nugget.

 

Langkah 6: Matangkan Nugget

Nugget yang sudah dibalurkan dengan tepung panir bisa langsung kamu goreng hingga matang. Hidangkan dengan topping sesuai selera. Jika kamu ingin topping lebih meleleh, taburkan topping saat nugget matang dan tutup dengan tutup panci agar uap tidak menguar. Banana nugget sudah siap disantap. Mudah banget kan membuat resep masakan yang satu ini?

source: http://youtube.com
source: http://youtube.com


Banana nugget sudah siap disantap. Mudah banget kan membuat resep makanan yang satu ini? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa putar video di bawah ini!