Mengenal Bunga Tabebuia

Bunga tabebuia ini jika dilihat sekilas mirip dengan bunga sakura.
Setiap spesies pohon tabebuya memiliki warna yang berbeda-beda, saat ini warna yang banyak dikenal adalah putih, pink muda, kuning, kuning ke-orange-an, magenta, pink tua, dan ada yang merah. Motif garis warna ungu di dalam bunga. Tabebuia merupakan pohon lindung yang mampu berbunga dan memiliki bentuk bunga yang bagus.
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Tabebuya

Asal Bunga Tabebuia

Bunga ini berasal dari Brasil. Bisa hidup di daerah yang kering. Minasan yang ingin menanamnya di halaman rumah juga bisa, lho.
source: http://taman-saya.blogspot.com/2011/11/tabebuia-bak-sakura-rekomendasi-tukang.html
Tabebuya (Chrysotricha) adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman Sakura, karena bila berbunga bentuk mirip seperti bunga sakura.
source: http://id.wikipedia.org/wiki/Tabebuya

Di Mana Bisa Temukan Bunga Ini?

Di Surabaya bunga ini bisa Minasan jumpai di Jalan Embong Malang, daerah Taman Surya, Keputran, Urip Simoharjo, Raya Darmo, depan Sogo Tunjungan Plaza, depan Hotel Santika, depan gedung Ekonomi, depan Kantor PDAM Surya Sembada, dan Stasiun Gubeng.
source: http://nasional.tempo.co/read/news/2013/11/13/058529450/Bunga-Sakura-Mekar-di-Surabaya
source:

Keistimewaan Bunga Tabebuia

Pohon tabebuia tidak merusak berm atau tembok walau berbatang keras.
source: http://infosurabaya.net/lifestyle/bunga-tabebuia-seperti-sakura-di-kota-surabaya/
Kehebatan lain kata taman saya yaitu bahwa akarnya tidak merusak berm atau tembok walau berbatang keras, dengan syarat jaga ketinggian pohon sekitar empat atau lima meter saja dengan memangkasnya.
source: http://taman-saya.blogspot.com/2011/11/tabebuia-bak-sakura-rekomendasi-tukang.html

Bagaimana Bunga Tabebuia Bisa Ada di Surabaya?

Hadirnya bunga cantik yang mirip sakura ini tidak lepas dari peran Ibu Tri Rismaharini selaku walikota Surabaya. Beliau yang mengusulkan penanaman bunga ini di beberapa jalan di Surabaya.
source: http://whatindonews.com/id/post/12666/risma__tak_perlu_ke_jepang__sakura_ada_di_surabaya/risma__tak_perlu_ke_jepang__sakura_ada_di_surabaya
Mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya Hidayat Sah mengatakan, Tabebuia ditanam berdasarkan usulan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Tujuannya untuk mempercantik kota, supaya kota itu lebih hidup, kata Hidayat saat dihubungi Tempo, 13 November 2013.
source: http://nasional.tempo.co/read/news/2013/11/13/058529450/Bunga-Sakura-Mekar-di-Surabaya