Ikut Komunitas

Introvert yang tidak terbiasa berbicara dengan orang dan cenderung sendirian juga bisa ikut komunitas, lho! Bukan komunitas biasa yang dipenuhi orang-orang ekstovert, namun komunitas dengan sesama introvert. Kamu bisa mencari komunitas sesuai hobimu, misalnya komunitas film, buku, atau komik.

Bersama orang-orang di komunitas tersebut, kamu bisa merasa nyaman dan bisa ngomongin topik yang kamu suka. Dengan mengikuti komunitas dan berinteraksi dengan orang lain bisa mendongkrak sikap percaya dirimu dan kamu akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang extrovert. 

source: http://www.cosmopolitan.com


 

Blogging

Blogging juga bisa jadi tips kehidupan intovert untuk membangun rasa percaya diri. Mengapa blogging? Blogging ternyata membantu kamu yang introvert untuk menuangkan isi pikiran. Orang introvert cenderung susah mengungkapkan sesuatu dan tidak bisa leluasa berpendapat. Maka, blogging dibutuhkan untuk orang-orang introvert.

Selain itu, blogging bisa jadi kesibukan di waktu luangmu, lho. Selain itu, blogging juga membuatmu makin banyak membaca untuk referensi saat membuat artikel. Tidak hanya itu, jika blog yang kamu buat mendapat banyak pengunjung, bisa mendatangkan penghasilan juga!

source: https://loveyouandthem.com


 

baca juga

Kembangkan Potensi Diri

Masing-masing pribadi memiliki potensi diri yang berbeda. Bisa jadi potensi diri yang kamu miliki menjadi penolongmu. Bakat atau potensi diri bisa menjadi senjata untuk menunjukkan bahwa kamu mampu melakukan yang tidak bisa dilakukan orang-orang extrovert.

Meski kamu tidak menarik, pendiam, serta terkesan menarik diri dari pergaulan, kamu bisa membuat orang lain terkesan dengan potensi diri yang kamu miliki. Maka mulai sekarang coba cari tahu apa potensimu dan kembangkan. Hal ini bisa memupuk rasa percaya dirimu.

source: http://rebloggy.com


 

Yakin Kamu Bisa dan Jangan Pedulikan Persepsi Orang Lain

Meski kamu sudah melakukan hal-hal di atas, akan menjadi sia-sia jika kamu tidak memiliki keyakinan pada diri sendiri. Kamu harus meyakini bahwa kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai. Tenangkan dirimu jika harus berhadapan dengan orang banyak. Dirimu yang tidak gugup atau cemas akan lebih percaya diri.

Kamu juga tidak perlu memikirkan pendapat atau persepsi orang lain terhadapmu. Tidak ada manusia yang sempurna, tidak semua orang bisa melakukan semua hal. Tidak perlu minder jika kamu tidak unggul dalam salah satu hal. Bisa jadi memang bukan itu bakat atau keahlianmu. Jangan biarkan ketidakpercayaan diri mengalahkan keistimewaan yang ada pada dirimu.

source: http://collider.com


Nah, itulah tips kehidupan introvert yang bisa segera kamu coba agar kamu lebih percaya diri. Sebagai introvert, ada banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan yang tidak kalah kerennya dengan orang-orang ekstrovert. So, tetap semangat dalam melakukan sesuatu, Ladies!