Setrika Listrik

Setrika listrik atau setrika biasa merupakan jenis alat untuk merapikan pakaian yang paling banyak digunakan di dalam rumah tangga. Setrika jenis ini berfungsi dengan menggunakan listrik. Untuk memakainya, kamu dapat mengendalikan sendiri panas yang dihasilkan sesuai dengan bahan pakaian yang akan kamu setrika. Cara kerjanya adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui plat yang ada dibagian bawah setrika. 
 

source: https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/


 


Setrika Uap

Setrika uap atau yang juga lebih dikenal dengan sebutan steamer adalah sejenis setrika yang lebih populer digunakan oleh industri pakaian. Setrika jenis ini memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dengan setrika listrik biasa. Setrika uap menggunakan energi listrik menjadi uap panas yang nantinya dapat digunakan untuk menghaluskan dan merapikan pakaian yang kusut. Uap yang dihasilkan berasal dari air yang dimasukan ke dalam wadah yang tersedia.
 

source: https://www.jakartanotebook.com/


 

baca juga


Plus Minus Setrika Listrik dan Setrika Uap

Kedua jenis setrika ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk merapikan pakaian yang kusut setelah dicuci atau disimpan lama. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaann, diantaranya dari segi penggunaan dan hasilnya itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai plus minus setrika listrik dan setrika uap berikut ini :

Setrika Listrik

Plus

  • Setrika listrik lebih mudah untuk digunakan untuk merapikan pakaian karena diletakan pada alas yang keras.
  • Harga lebih murah dibandingkan dengan setrika uap.
  • Cocok untuk digunakan pada pakaian yang baru selesai dicuci dan akan dimasukan ke dalam lemari
Minus
  • Jika tidak berhati-hati dapat menyebabkan pakaian bolong dan rusak.
  • Akan kembali menimbulkan garis kurut setelah disimpan di dalam lemari.

Setrika Uap

Plus
  • Setrika uap dapat menyetrika berbagai jenis pakaian termasuk jas dan kebaya tanpa merusak kain tersebut.
  • Setrika uap lebih menghemat waktu karena tidak perlu membolak-balik seperti setrika listrik dan pakaian lebih cepat rapih.
  • Cocok digunakan untuk merapikan pakaian yang akan digunakan. Biasanya hasilnya akan digantung agar tidak kembali kusut.
Minus
  • Harga setrika uap lebih mahal dibandingkan dengan setrika listrik
  • Membutuhkan perawatan khusus agar lebih awet saat dipakai
  • Memerlukan air untuk digunakan. Jika air yang digunakan kotor, uap yang dihasilkan juga akan menjadi kotor. 

 
source: https://okezone.com/


Nah, jadi itulah beberapa perbedaan yang dapat kamu pertimbangkan saat memilih setrika uap atau setrika listrik. Untuk memilihnya, kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang kamu miliki. Semoga bermanfaat, ya!