source: https://www.hipwee.com/

Tidur Tidak Terjadwal
Salah satu peyebab insomnia adalah kamu tidak memiliki pola tidur yang baik. Kamu tidak tidur malam dan bangun pagi pada jam yang sama setiap harinya. Kebisaan ini juga termasuk jika kamu memanfaatkan waktu weekend untuk tidur lebih malam atau bangun lebih siang. Para ahli menyebut kebiasaan ini sebagai "social jet lag". Jadi jika kamu tidak ingin insomnia, lebih baik kamu menerapkan jadwal tidur yang sama setiap hati, kecuali ada keperluan mendesak di hari libur. 

baca juga


Mengabaian Rutinitas Sebelum Tidur
Rutinitas sebelum tidur malam akan sangat membantu kamu untuk tidur malam lebih cepat dan dengan waktu yang konsisten. Kegiatan seperti mempersiapkan baju dan barang bawaan untuk esok hari, cuci kaki, dan menggosok gigi bisa menjadi rutinitas yang membuat tidur kamu lebih konsisten. Jika kamu tidak memiliki rutinitas seperti ini tentu saja tubuhmu juga tidak dapat membedakan kapan waktu yang tepat untuk kamu tidur.

source: https://jalantikus.com/
baca juga


Menggunakan Alat Eletronik Sebelum Tidur
Menonton televisi dan memainkan handphone terlalu lama juga sangat mungkin memicu insomnia. Terutama jika kamu berinteraksi dengan banyak orang di social media. Saat terlarut dalam rutinitas ini, kamu akan lupa bahwa kamu harusnya beristirahat. Jadi bermain dengan alat elektronik di malam hari sebaiknya tidak kamu jadikan rutinitas ya!


Terlalu Banyak Mengonsumsi Kopi di Siang Hari
Bagi para pecinta kopi, mungkin mengonsumsi kopi lebih dari satu kali dalam sehari adalah hal yang wajar. Sayangnya, terkadang kamu tidak menyadari bahwa efek kafein yang bisa membantu kamu terjaga ternyata bisa bertahan hingga malam hari. Jadi jangan lupa batasi konsumsi kopi dan jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih!


Tidur 'Balas Dendam'
Istilah ini sepertinya cocok untuk kamu yang memiliki kebiasaan begadang. Setelah tidak tidur malam, pagi harinya kamu justru memilih tidur untuk membalas waktu tidurmu yang dipakai untuk hal lain. Pola tidur seperti ini tentu saja akan mengganggu dan membuat tubuhmu kebingungan. Jadi sebisa mungkin lebih baik kamu meghindari begadang. Jika terpaksa, maka usahakan tetep terjaga hingga jam tidur berikutnya agar pola tidurmu tetap terjaga.

source: http://batam.tribunnews.com/

Itu dia 5 kebiasaan yang bisa memicu gangguan tidur malam alias insomnia. Hindari yuk, mulai dari sekarang dan dapatkan tubuh bugar saat bangun di pagi hari!