Novel Dilan menjadi salah satu novel best seller yang sangat menarik perhatian banyak masyarakat. Gaya tulisan Pidi Baiq yang sangat khas memang membuat banyak orang menyukai buku-bukunya, bahasanya sangat santai dan mudah dimengerti dan jalan ceritanya berasal dari kehidupan sehari-hari yang membuat kita merasa dekat dengan cerita yang ada di buku. Selain itu, kuatnya karakter tokoh Dilan juga membuatnya membekas di hati banyak pembaca. 

Seperti banyak film Indonesia yang diangkat dari buku best seller, kini giliran novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 yang akan menyapa para fansnya lewat film dengan judul Dilanku 1990. Buat kamu yang belum banyak tahu dan penasaran sama Dilan, yuk simak beberapa fakta tentang Dilan dalam buku dan film berikut ini! 

source: https://id.bookmyshow.com/

Anak Geng Motor
Kalau kata Pidi Baiq atau yang lebih sering disapa Ayah atau Surayah, Dilan adalah seorang hamba Allah sama seperti kita semua. Ya, Dilan memang manusia biasa yang pada tahun 1990 dia duduk di bangku SMA. Seperti banyak anak SMA lainnya juga di Bandung, Dilan adalah anggota geng motor.

Kebiasaan dan kenakalan yang dilakukan Dilan juga sangat wajar seperti remaja SMA pada umumnya seperti nongkrong dengan geng motornya ataupun terlibat tawuran. Meskipun begitu kamu pasti akan tetap menemukan bahwa Dilan ini istimewa, kata-kata yang biasa dikeluarkan oleh Dilan terbilang sederhana tapi terkadang 'ngena' banget!

baca juga


Punya Gaya Nyeleneh Tapi Sebenarnya Dia Ini Cowok Romantis!
Buku ini memang menceritakan kisah cinta tentang Dilan dan Milea, jadi enggak heran kalau banyak juga bagian romantisnya. The best part is kamu akan tetap menemukan Dilan yang nyeleneh di saat dia sedang romantis. Dilan benar-benar punya cara yang beda dari cowok lain untuk menunjukkan cintanya. Duh kamu pasti bakalan baper banget denger kata sederhana nan romantis dari Dilan!

source: https://www.layar.id/film-indonesia/trailer-dilan-1990-akhirnya-keluar-yuk-intip/


Diperankan Oleh Iqbal CJR
Penantian fans Dilan pun berakhir dan akhirnya Dilan benaran difilmkan! Sosok Dilan bakal diperankan oleh Iqbal CJR yang pastinya kamu sudah kenal dong? Banyak yang beranggapan sosok Iqbal terlalu pendiam untuk memerankan Dilan. Tapi secara visual sepertinya sosok Dilan bisa cukup tergambarkan melalui Iqbal.

baca juga


Kisahnya Dilan Diangkat dari Kehidupan Nyata
Pidi Baiq alias Surayah memang banyak menulis dari kisah nyata. Surayah mengaku bahwa ia terlalu bingung jika harus mengarang, jadi ia lebih suka menulis sesuatu berdasarkan kisah nyata. Sosok Milea sudah muncul di social media beberapa tahun belakangan, walaupun memang ada beberapa orang yang meragukan itu merupakan akun asli.

Sedangkan sosok Dilan hingga saat ini belum terungkap. Banyak yang percaya bahwa Dilan adalah Pidi Baiq sendiri, karena sifatnya sama-sama konyol sih! Apakah kamu juga penasaran dengan sosok Dilan?


Banyak yang Kurang Yakin Kalau Sosok Dilan di Buku Bisa Hidup di Film
Seperti film Indonesia lainnya yang diangkat dari buku, tentu saja penggemar berharap bahwa filmnya akan sebagus bukunya. Walaupun memang tidak semua bagian dari buku bisa masuk ke dalam film.

Setelah melihat trailer film ini, banyak yang beranggapan bahwa tokoh Dilan dalam film kurang bisa menghidupkan kalimat-kalimat ajaib Dilan. But, who knows? Mungkin tokoh Dilan akan lebih hidup ketika kamu menonton full filmnya. Jangan sampai ketinggalan ya, Dilanku 1990 rilis 25 Januari 2018!

youtube:X_b-wNkz4DU
source: https://www.youtube.com/watch?v=X_b-wNkz4DU
Official Trailer Dilan 1990 | 25 Januari 2018 Di Bioskop


Itu dia sekilas tentang sosok Dilan dalam buku dan film Dilanku 1990. Semakin enggak sabar ya untuk ketemu Dilan!