1. Menyusui

source: http://nutrisianaksehat.blogspot.com/2014/11/tips-diet-sehat-untuk-ibu-menyusui.html
Tetaplah menyusui bayi sampai usia 2 tahun, karena tubuh ibu yang menyusui akan memproduksi hormon yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengembalikan bentuk tubuh secara alami. Ada beberapa penelitian yang mengatakan, dengan menyusui, tubuh membakar sekitar 300-500 kkal/hari. Ini setara dengan bersepeda selama 1 jam.
source: http://nutrisianaksehat.blogspot.com/2014/11/tips-diet-sehat-untuk-ibu-menyusui.html

10 Manfaat Menyusui
URL:   http://www.scarymommy.com/reasons-to-breastfeed/

2. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Kaya Warna

source: http://www.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/19630-5-tips-diet-untuk-ibu-menyusui.html
Buah dan sayur kaya warna mengandung vitamin yang bervariasi. Tentunya hal ini akan baik bagi diet Anda serta kesehatan yang harus Anda jaga selama masa menyusui. Produksi ASI bisa ditunjang dengan makan buah dan sayur, selain itu akan menghindarkan Anda dari keinginan ngemil.
source: http://www.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/19630-5-tips-diet-untuk-ibu-menyusui.html
source: http://caracirihamil.blogspot.com/2013/11/makanan-sehat-untuk-ibu-hamil.html

3. Banyak Mengkonsumsi Makanan Sumber Protein Rendah Lemak

source: http://www.health.com/health/gallery/0,,20307229_2,00.html
High-protein foods contain a hunger-fighting hormone and will fill you up more than carbs. And many sources of protein?fish, beef, and eggs?are also rich in iron and vitamin B12, both of which have been shown to increase energy levels. Makanan tinggi protein mengandung hormon anti lapar dan akan membuat anda merasa kenyang melebihi karbohidrat. Banyak sumber protein seperti ikan, daging, dan telur yang kaya akan vitamin B12 dan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan energi.
source: http://www.health.com/health/gallery/0,,20307229_2,00.html
Selain itu, protein yang berasal dari kacang-kacangan juga baik untuk ibu menyusui.
source: http://news.acaraapa.com/wp-content/uploads/2014/06/1384392032727609318-2.jpg
Kacang mengandung banyak protein dan merupakan sumber yang baik mengandung lemak sehat untuk menu anda ketika sedang menyusui. Protein sangat penting untuk memperbaiki sel sel di dalam tubuh.
source: http://bidanku.com/makanan-penting-ibu-menyusui-harus-tahu

4. Hindari Makanan Cepat Saji atau Junk Food


Selain mengandung lemak tak sehat, makanan cepat saji juga mengandung zat-zat aditif yang berbahaya bagi si buah hati.
source: http://www.cni.co.id/index.php/corporate-info/news/siaran-pers/173-bahaya-junk-food-bagi-kesehatan
Dengan memakan junk food, fungsi daripada otak akan mengalami penurunan apabila Anda terlalu banyak makan makanan seperti ini. Hal ini bisa terjadi karena kandungan lemak berlebih yang ada dalam junk food mampu merusak saraf dan membuat kerja otak melambat.
source: http://sehatkancantik.blogspot.com/2014/05/10-macam-bahaya-kesehatan-dari-makan.html

5. Perhatikan Nutrisi, Jangan Terlalu Fokus pada Perhitungan Kalori!

source: http://parentables.howstuffworks.com/health-wellness/nutrition-mom-during-4th-trimester.html
Good nutrition will improve your mood, give you energy, get you regular, get you back in shape, and replace lost nutrients from pregnancy. Also, if breastfeeding, what you eat will determine the contents of the breast milk you are feeding your new baby.Nutrisi yang baik akan meningkatkan mood Anda, memberi energi dan mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti semula serta mengganti nutrisi yang hilang selama masa kehamilan. Selain itu, bagi Anda yang sedang menyusui, apa yang anda makan menentukan kandungan ASI yang anda berikan untuk buah hati sang buah hati.
source: http://parentables.howstuffworks.com/health-wellness/nutrition-mom-during-4th-trimester.html

6. Meminum Banyak Air Putih

source: http://disehat.com/manfaat-minum-air-putih-bagi-tubuh-untuk-diet/
Banyak-banyaklah minum air putih untuk mencegah dehidrasi karena produksi ASI anda juga membutuhkan tambahan asupan air.
source: http://id.theasianparent.com/diet-ibu-menyusui/
source: http://id.theasianparent.com/diet-ibu-menyusui/
Supaya produksi ASI lancar, penting sekali bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan cairan. Paling tidak dalam sehari harus minum air putih minimal 8 gelas sehari. Jika anda merasa haus segeralah minum atau saat warna urine berubah menjadi kuning tua.
source: http://www.matiolestari.com/2013/05/tips-diet-bagi-ibu-menyusui-untuk.html

7. Berolah Raga dan Beraktifitas

source: http://fittobepregnant.com/2014/02/07/postpartum-diet-exercise-plan-breastfeeding/
Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan pembakaran lemak tubuh, dan itu tandanya Anda harus melakukan olahraga. Jika tidak memungkinkan untuk berolahraga karena fisik lemah atau belum diperbolehkan dokter, Anda bisa melakukan pekerjaan fisik untuk rumah tangga sendiri.
source: http://www.dietsehatcantik.com/2014/09/5-cara-menguruskan-badan-bagi-ibu-menyusui.html
Selamat Mencoba!