Katarak

Salah satu akibat memakai sunglasses palsu atau sunglasses murahan adalah menimbulkan katarak. Fungsi sunglasses atau kaca mata hitam adalah melindungi mata dari cahaya sinar matahari. Sinar matahari memiliki gelombang radiasi Ultraviolet (UV-A dan UV-B) yang berbahaya bagi mata. Untuk melindunginya terdapat bagian mata yaitu pupil yang akan mengecil bila terkena cahaya matahari.

Sunglasses yang benar harus memiliki perlindungan terhadap UV-A dan UV-B diatas 90%. Mata yang memakai kacamata hitam akan kehilangan kemampuan untuk mengecilkan pupil karena kacamata hitam mengurangi intensitas cahaya. Dengan membesarnya pupil mata tersebut maka sinar UV-A dan UV-B akan masuk dengan mudah dan akan memicu timbulnya katarak.

source: http://fakta.co.id


 

Kulit Gatal dan Iritasi

Setiap sunglasses pasti akan dilapisi dengan cat pada bagian frame. Pembuat kacamata murah atau sunglasses palsu, tidak akan memperhatikan tingkat keamanannya. Sehingga kebanyakan kacamata murah akan menggunakan cat yang tidak sesuai dengan standar yang ada dan terdapat bahan berbahaya di dalamnya. Penggunaan kacamata dengan cat berbahaya tersebut dapat menyebabkan kulit gatal – gatal dan iritasi.

source: https://www.woman.at


 

baca juga

Mata Menjadi Rabun

Kacamata hitam murahan alias palsu tidak dilengkapi dengan perlindungan yang mencukupi, parahnya lagi, ada yang sekedar ditempeli kaca film. Alhasil kacamata seperti ini justru malah membuat penglihatan si pengguna jadi kabur atau rabun. Dengan kondisi mata rabun atau tidak fokus, tentunya bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman pada mata. 

source: https://mediskus.com


 

Sakit Kepala

Sunglasses murahan atau palsu, tentunya tidak memperhatikan kualitas yang baik, yang merugikan penggunanya. Lensa yang tidak terpotong dengan baik, gagang frame kurang pas dan yang terparah adalah titik pusat lensa yang tidak sejajar. Jika sunglasses seperti ini dipakai dalam janga waktu lama, tak heran jika sakit kepala akan melandamu lho, ladies

source: http://www.dailymirror.lk


 

baca juga

Tumor Otak

Kacamata murah tentu tidak diukur tingkat kenetralan lensa, kehalusan permukaan lensa, dan kesejajaran titik pusat yang akhirnya memicu timbulnya rasa sakit pada kepala. Walaupun murah, tentu kacamata jenis ini tidak baik bagi perkembangan organ tubuh secara tidak langsung, dalam hal ini adalah otak. Pada sebuah penelitian, pemakaian kacamata yang membuat sakit kepala dalam jangka waktu lama, dapat memicu timbulnya tumor otak.

source: http://www.alodokter.com