Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2018. Perayaan tahun baru pun tentunya tidak hanya dirayakan di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara seluruh dunia. Serunya lagi, setiap negara memiliki keunikan dan agenda sendiri dalam menyambut tahun 2018. Yuk intip bagaimana meriahnya negara-negara lain menyambut tahun baru setiap tahunnya!


RÉVEILLON DO MORRO
Rio de Janeiro, Brasil


Menyaksikan kembang api dari pinggir pantai merupakan salah satu atraksi yang ditawarkan di Roi de Janeiro, Brasil dalam acara tahun barunya. Pesta tahun baru paling populer di Rio de Janeiro terdiri dari pesta malam tahun baru di pantai Copacabana ataupun pesta-pesta yang digelar di hotel dekat pantai tersebut.

Tidak kurang dari jutaan orang selalu menghadiri acara tahun baru meriah ini, termasuk pula para turis dari seluruh dunia. Tiketnya dijual mulai dari US$371 yang biasa hingga US$698 untuk tiket premium gourmet. Acara ini ditujukan khusus untuk remaja dan dewasa berusia 18 tahun ke atas. Ingin merayakan tahun baru secara meriah dan melihat kembang api megah dari pantai di Brasil? Acara di pantai Copacabana ini mungkin harus kamu kunjungi suatu saat nanti ya!

source: https://rioallaccess.com/


HOGMANAY
Edinburgh, Skotlandia


Perayaan malam tahun baru di Skotlandia dikenal juga dengan istilah Hogmanay, yang berarti “hari terakhir dalam 1 tahun” dalam bahasa Skotlandia. Perayaan Hogmanay di Edinburgh ini pun diisi dengan berbagai aktvitas yang unik, tidak hanya untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak! Beberapa agenda yang dijadwalkan untuk Hogmanay tahun ini sendiri yaitu:

  • Baby Loves Disco: Acara “disko” yang dibuat khusus untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Tidak perlu menyuruh si kecil begadang, karena acara ini diadakan di siang hari. Gemas ya!
  • Bairns Afore: Acara malam tahun baru khusus keluarga, di mana kembang api dan spektakuler akan ditampilkan saat tahun baru tiba.
  • Street Party: Outdoor party dengan live music, penampilan DJ, entertainment, hingga kembang api dari Edinburgh Castle.
  • Hogmanay HQ: Akses VIP untuk merayakan tahun baru dengan champagne, buffet dinner, VIP party, private bars, live music, dan street party.
source: https://www.edinburghfestivalcity.com
baca juga


WONDERGARDEN
Auckland, Selandia Baru


Salah satu acara tahun baru yang diadakan di Kota Auckland, Selandia Baru yaitu Wondergarden. Acara ini diadakan setiap tahun di Silo Park, dan diramaikan dengan penampilan live music serta penjual makanan. Pengunjung pun bisa bersantai dan duduk-duduk di taman sembari menunggu tahun baru tiba.

Tidak hanya itu, terdapat juga aktivitas khusus anak-anak seperti workshop, games, live performance, serta aktivitas all play all day. Tiket masuk untuk acara ini dibanderol dengan harga $95 untuk dewasa, $45.9 untuk anak-anak d ibawah 12 tahun, dan anak-anak di bawah 5 tahun tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

source: https://www.backpackerguide.nz/


TIMES SQUARE BALL DROP
New York, Amerika Serikat


Tidak lupa juga yang terakhir, yaitu pesta perayaan tahun baru paling meriah yang diadakan di jalan paling terkenal di kota New York, Times Square. Setiap malam tahun baru, acara yang dilangsungkan di tengah modern-nya kota New York ini selalu menarik tidak kurang dari jutaan pengunjung. Acara malam tahun baru inipun memiliki puncak acara berupa Ball Drop, atau bola besar yang diturunkan secara perlahan dari tiang setinggi 43 meter dan dimulai saat hitung mundur 60 detik menjelang tengah malam.

source: http://wric.com