Cincin Nikah di Jari Manis Tangan Kiri

Sering melihat pasangan yang sudah menikah menyematkan cincin nikah di jari manis tangan kiri mereka? Alasan simpel pertama mengapa cincin nikah dipakai di jari manis adalah karena jari manis tangan kiri, jarang digunakan. Biasanya memang tangan sebelah kananlah yang paling aktif digunakan karena dianggap memiliki tenaga yang lebih besar daripada tangan kiri. Oleh karena itu, cincin nikah tidak akan mudah rusak jika dipakai di jari manis tangan kiri. 

source: http://www.utakatikotak.com/


 

Cincin Nikah di Jari Manis Tangan Kanan

Beberapa negara memiliki kepercayaan lain dalam memakai cincin nikah. Di Peru, India, Spanyol, Venezuela, Norwegia, Denmark, pun juga Indonesia memilih memakai cincin nikah di jari manis tangan kanan. Alasannya, karena tangan kanan lebih kuat dari tangan kiri sehingga tangan kanan tersebut dapat melambangkan pernikahan yang didasari cinta yang kuat atau kokoh dan diharapkan juga pernikahan tersebut tetap kokoh bertahan selamanya. 

source: http://klikkabar.com/


 

baca juga

Mitos Adanya Pembuluh Vena Amoris

Konon nih ada mitos dari bangsa Romawi Kuno dan Yunani Kuno ribuan tahun lalu yang percaya bahwa di jari manis terdapat pembuluh darah yang secara langsung terhubung ke jantung yang mereka sebut sebagai vena amoris atau pembuluh darah cinta. Mereka percaya, vena amoris tersebut menyalurkan energi dari jari manis menuju jantung.

Meskipun pada kenyatannya hal tersebut hanyalah sebuah mitos, namun sampai sekarang banyak yang mengikuti tradisi memakai cincin nikah di jari manis. Mitos adanya pembuluh darah cinta di jari manis ini juga tidak dapat dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti.

source: http://thewedding.id/


 

Teori dan Filosofi Mengenai Jari dari Tiongkok

Masyarakat Tiongkok berpendapat bahwa setiap jari memiliki filosofi sendiri-sendiri, antara lain:

  • Jempol yang diibaratkan sebagai kedua orang tua.
  • Jari telunjuk yang mewakili saudara, bisa kakak atau adik. 
  • Jari tengah yang mewakili diri sendiri.
  • Jari keempat atau jari manis adalah simbol dari pasangan kekasih atau suami istri.
  • Jari kelingking adalah anak-anak.
Selanjutnya setelah kamu tahu makna atau filosofi dari masing-masing jari tersebut kamu bisa menyimak dan mengikuti gerakan di video berikut ini:

 

youtube:ekzHR9_pf2A
source: https://www.youtube.com/watch?v=ekzHR9_pf2A
Filosofi Kenapa Cincin Pernikahan Berada Di Jari Manis? Ini Jawabannya???

Setelah kamu menyimak dan mengikuti video di atas kamu akan mengalami bahwa ketika jari-jari tangan bersatu sedemikian rupa, jempol dapat terpisah dengan mudah yang artinya pada suatu saat orangtua akan pergi meninggalkan sang anak yang telah menjadi suami atau istri.

Begitu pula dengan jari telunjuk yang melambangkan saudara karena nantinya akan memiliki kehidupan mereka masing-masing. Jari kelingkingpun juga dapat berpisah dengan mudah yang artinya anak-anak nantinya juga akan meninggalkan orang tua untuk memiliki kehidupan sendiri.

Lalu bagaimana dengan jari manis? Ternyata memisahkan kedua jari manis tidak semudah memisahkan jari-jari lainnya. Jari manis yang tidak dapat berpisah tersebut menyimbolkan pasangan suami istri yang sudah dipersatukan dan berjanji sehidup semati untuk selamanya. Hal inilah salah satu alasan mereka mengapa cincin nikah disematkan pada jari manis.