Bersihkan Kuku

Langkah pertama dalam nail art tentunya kamu harus membersihkan kuku. Apalagi jika kamu memang terbiasa memakai kutek, maka wajib hukumnya membersihkan sisa kutek lama di kuku kamu. Cuci dan bersihkan kuku kemudian bisa kamu rendam kuku dengan air hangat agar mempermudah saat kamu membersihkan kuku dari kulit mati.

Kamu bisa juga memulaskan pembersih kutek sekalipun di kuku kamu tidak terdapat kutek serta mencuci tangan dengan sabun. Selanjutnya keringkan kuku dengan handuk. Bagaimana jika kamu tidak mempunyai pembersih kutek? Ada cara lain kok, Beautynesian! Supaya minyak dan kotoran di kuku terangkat, kamu bisa mencelupkan kuku dengan cepat ke dalam campuran air dan cuka putih atau bisa juga kamu mengoleskan sedikit cuk putih menggunakan cotton bud dan gosok pada permukaan kuku. Jika kuku kamu bersih, otomatis kutek juga bisa menempel dengan sempurna dan tentunya juga bisa tahan lama.
source: http://infosahabat.com/


 

Gunakan Based Coat

Langkah selanjutnya dalam proses nail art adalah pemakaian based coat. Menggunakan based coat adalah salah satu cara penting dalam menjaga agar kutek bisa tahan lama. Based coat adalah semacam cairan juga seperti kutek yang berfungsi sebagai lapisan dasar kutek. Kamu bisa mengaplikasikan based coat setelah membersihkan kuku dan kamu keringkan selama 10 menit.

Hal penting lainnya adalah memilih based coat yang teksturnya kental supaya kutek lebih tahan lama. Kamu bisa aplikasikan based coat ke seluruh permukaan kuku dan khusus untuk bagian ujung kuku aplikasikan 2 lapis. Biarkan based coat kering, selanjutnya bisa kamu aplikasikan kutek pilihan kamu. Jika kamu memilih kutek warna terang, sebaiknya aplikasikan based coat 3x agar warnanya tampak lebih hidup. 

source: https://www.beautyspacenails.com/


 

baca juga

Lapisi dengan Top Coat

Selain based coat, dalam nail art dikenal juga istilah top coat. Apakah itu? Jika based coat dipakai sebagai dasar kutek, maka top coat ini dipakai  sebagai finishing atau pelapis akhir supaya warna kutek terkunci. Setelah kamu mengaplikasikan kutek, biarkan kutek mengering sempurna tapi jangan ditiup karena uap dari nafas dapat membuat kutek tidak menempel sepenuhnya.

Jangan lupa untuk memilih top coat yang memiliki gel tebal (thick gel). Selain berguna melindungi kutek, top coat dapat membuat tampilan kutek di kuku kamu lebih fresh dan bersinar. Kamu bisa aplikasikan top coat tipis-tipis setiap sehari atau dua hari sekali untuk menjaga agar kutek atau hasil nail art kamu lebih tahan lama.

source: http://cewekbanget.grid.id/


 

Hindari Mencuci Tangan Menggunakan Hand Sanitizer

Agar kutek tahan lama, sebaiknya kamu juga menghindari mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang nantinya dapat merusak top coat dan membuat kuku menjadi kering. Pilih sabun yang formulanya lebih lembut untuk mencuci tangan, sehingga lebih aman juga untuk kuku kamu.

source: http://www.sayasehat.id/


 

baca juga

Menjaga Kuku

Jika kamu banyak melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air seperti mencuci baju, mencuci piring, dll sebaiknya gunakan sarung tangan. Hal ini bertujuan agar kutek tidak sering terkena air atau uap lembap yang nantinya dapat masuk ke lapisan kutek dan menimbulkan pengelupasan.

 

source: https://www.vemale.com