Mengapa Harus Ada Softlens?


Seiring berjalannya waktu, contact lens bukan lagi “barang baru”. Dulu fungsinya cuma terbatas buat orang penderita Myopia (rabun jauh, biasanya memakai kacamata berlensa minus), tapi sekarang contact lens sudah makin canggih. Fungsinya melebar untuk kosmetik, special effect, dan juga ada contact lens buat penderita kelainan mata. 

Penggunaan softlens akan memudahkan pemakainya untuk dapat melakukan berbagai kegiatan tertentu. Seperti olahraga, pekerjaan luar ruangan dan beberapa kegiatan yang mengharuskan tampil lebih anggun.

source: https://www.optikseis.com


Macam-Macam Softlens


Dengan perkembangan jaman dan teknologi, softlens dibuat untuk beberapa kebutuhan, antara lain:

Silicon Hydrogen Contact Lens 

Teknologi silicon hydrogen contact lens berbahan dasar silicon yang bersifat lebih tembus ke oksigen. Ditambah lagi, contact lens tipe ini juga mengandung lebih banyak air, jadi kandungan oksigen yang diantar ke mata lebih banyak dan ini membuat mata lebih sehat dan nyaman.

Toric Lens 

Totic lens, dikhususkan untuk mata silinder diatas 1.00. Toric Lens dibuat dengan kurva-kurva di angle-angle yang berbeda untuk memdapatkan penglihatan yang lebih sempurna.

Prosthetic Lens

Prosthetic Lens biasa dipakai untuk orang yang punya kelainan tampilan mata, atau orang yang punya deformed eyes entah karena lahir atau karena kecelakaan. Gunanya untuk membuat mata mereka kelihatan seperti mata normal.

source: http://www.athenseyecare.net




 

baca juga

Sesuaikan Ukuran


Tips Memilih Softlens


Sesuaikan Ukuran
 

source: https://www.optometrija.net
Tips memilih softlens yang tepat adalah menyesuaikan minus mata dengan softlens yang akan dibeli. Sebaiknya kamu mengukur minus mata terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena dengan pertambahan usia, maka setiap waktu ukuran minus akan semakin bertambah. Jika kamu membeli softlens di optik, maka kamu akan mendapatkan ukuran yang tepat sesuai dengan ukuran minusmu.

Sesuaikan dengan Diameter Bola Mata
 
source: http://signatureeyecare.com
Setiap mata mempunyai diameter yang berbeda lho. Diameter softlens ini harus disesuaikan dengan ukuran bola mata, setidaknya mendekati. Jika kamu memiliki bola mata yang besar sebaiknya pilih softlens dengan diameter 15 mm. Namun, bila bola matamu kecil, sebaiknya pilih kontak lensa dengan ukuran diameter yang lebih kecil. Softlens dengan ukuran diameter yang tidak sesuai dengan bola mata, tentu saja tidak akan nyaman digunakan.
baca juga

Pilih Kadar Air yang Tepat
 
source: https://www.aoa.org
Kadar air softlens yang paling bagus adalah sekitar 48%, tetapi hal tersebut kembali lagi kepada kondisi mata. Setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda-beda, maka sebaiknya sesuaikan saja kadar air kontak lensa dengan kondisi mata.

Kadar air softlens dinyatakan tinggi jika nilainya lebih dari 50%, sedangkan softlens dengan kadar air rendah adalah di bawah 48%. Kadar air yang tinggi di dalam sebuah softlens dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke mata. Akan tetapi, jika kamu memiliki mata dengan produksi air mata yang sedikit, sebaiknya pilih softlens dengan kadar air rendah karena softlens ini lebih sedikit menyerap air mata sehingga kelembapan bola mata tetap terjaga dengan baik.

Perhatikan Ketebalan
 
source: https://www.vemale.com
Berbeda dengan kacamata, softlens memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda. Pada umumnya, semakin tipis softlens yang dipilih maka semakin nyaman dipakai di mata. Kamu dapat memilih sesuai selera. Namun, setiap ketebalan ada resiko yang berbeda. 

Softlens tipis memang nyaman digunakan, tetapi jenis ini akan mudah robek, jika kamu tidak hati-hati. Sebaliknya softlens yang tebal memang tidak mudah robek. Tetapi jenis ini akan berpotensi menimbulkan rasa mengganjal saat dipakai. 


Pertimbangkan Warna
 

source: http://www.gambarbagus.com

Di pasaran, banyak sekali softlens yang dijual dengan beragam warna yang menarik. Mulai dari warna hitam, abu-abu, biru, hijau, pink, dan masih banyak lagi. Untuk pemula, agar kamu tampil lebih natural, sebaiknya pilih warna bening saja. Apabila ingin menggunakan softlens warna, pilih warna coklat atau abu-abu. Hal ini lantaran kontak lensa bening memiliki kadar air yang lebih tinggi sehingga lebih nyaman saat dipakai.