1. Hindari makanan yang digoreng

Fish and chip dan chicken wing kelihatannya menggoda, tapi sebisa mungkin hindarilah makanan yang digoreng kalau tidak ingin dietmu gagal. Kalau ingin makan ikan, pilih steak salmon. Kalau ingin makan kentang, pilih baked atau mashed potato yang lebih sehat. Kalau bingung antara roti atau nasi, sebisa mungkin pilih nasi.
source: http://www.sheknows.com/food-and-recipes/articles/805743/the-healthiest-fish-recipes-on-earth

2. Hindari pasta dengan saus krim

Kalau Minasan pergi ke restoran Italia, pasti ingin makan pasta 'kan? Pasta bisa menjadi makanan yang sehat selama Minasan memilih saus yang tidak terbuat dari susu atau krim yang mengandung kalori tinggi. Lebih baik pilih pasta dengan saus yang lebih sehat seperti saus tomat.
source: http://www.sheknows.com/food-and-recipes/articles/987377/spaghetti-with-mussels-in-tomato-sauce-recipe

3. Perhatikan urutan makanmu

Sup > Salad > Daging > Nasi

Kalau Minasan makan dengan urutan seperti ini, gizi yang masuk akan lebih cepat dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga tidak gampang gemuk.
source: http://inedia.jp/turn.html
Jangan makan nasi atau daging di awal, karena itulah yang akan diserap oleh tubuh lebih dulu. Lebih baik makan sayuran atau sup terlebih dulu.

4. Jangan pesan dessert

Walaupun Minasan merasa masih bisa makan dessert setelah makan, buang jauh-jauh pikiran ini dan hindari dessert karena berbahaya untuk dietmu!
source: http://www.dan-b.com/feature/jyoshikai/interview/index.html

5. Nikmati waktumu

Makan sambil menikmti waktu diselingi ngobrol juga penting. Apalagi untuk melepaskan stress akibat diet. Gunakan waktu ini untuk bersenang-senang dan makan dengan perlahan.
source: http://koigaku.machicon.jp/column/28129/

6. Batasi asupan kalori di hari berikutnya

Kalau hari sebelumnya sudah makan banyak, usahakan untuk membatasi asupan kalori di hari berikutnya agar badan tidak membengkak kembali. Jangan lupa perbanyak sayuran dan buah-buahan yang tidak sempat dimakan di hari sebelumnya.
source: http://tst.japan-topics.com/archives/4377

7. Gerakkan tubuh di hari berikutnya

Kalori yang masuk harus diimbangi dengan kalori yang keluar. Bakar kalori dari makanan yang kemarin Minasan makan dengan lari pagi yang membakar banyak kalori keesokan harinya.
source: http://wooris.jp/archives/136932
Dengan begini Minasan bisa tetap pergi makan di restoran dengan teman tanpa harus meninggalkan diet!