1. Ketahui jumlah kalori makanan dan minuman di Starbucks

Semua orang tahu nongkrong di Starbucks bisa bikin gendut apalagi kalau dilakukan setiap bulan, atau setiap minggu! Untuk itu, Minasan perlu membekali diri dengan mengetahui jumlah kalori dari menu makanan dan minuman yang ada di Starbucks terlebih dulu.
source: http://www.zestuous.com/2011/09/double-espresso-brownies-with-caramel-macchiato-mousse/
Cinnamon Roll 420 kalori
Espresso Brownie 370 kalori
Caramel Frappuccino 410 kalori
Java Chip Frappuccino 470 kalori
source: http://starbucksorder.tumblr.com/post/6455578121
Bayangkan kalau Minasan memesan 1 makanan dan segelas minuman di Starbucks, totalnya bisa 800 kalori! Sebagai gambaran kebutuhan kalori harian wanita umumnya 1500-2000 kalori perharinya.

2. Ketahui variasi ukuran minuman di Starbucks

Di Starbucks Indonesia, ada 4 ukuran yang tersedia.

Short (8 oz) > Tall (12 oz) > Grande (16 oz) > Venti (20 oz).
source: http://hiconsumption.com/2014/06/seattles-best-15-things-you-didnt-know-about-starbucks/
Berikut jumlah kalori yang terkandung dalam masing-masing ukuran minuman.

-Soy Latte- (Hot)
Short 145 kalori
Tall 218 kalori
Grande 277 kalori
Venti 349 kalori

-Cafe Americano- (Hot)
Short 5 kalori
Tall 10 kalori
Grande 15 kalori
Venti 20 kalori

Dari tabel di atas, dapat diketahui bahwa makin kecil ukuran gelas minuman yang Minasan pesan, makin kecil pula kalori yang Minasan konsumsi. Jadi usahakan untuk pesan minuman dengan ukuran paling kecil ya! Hitung-hitung membatasi kalori sekaligus berhemat.

3. Tanya pilihan susu yang tersedia

Kalau Minasan suka minum latte atau frappuccino pasti tahu kalau di dalamnya memakai susu. Apakah Minasan juga tahu kalau kita bisa request untuk mengganti susu segar dengan opsi lain yang lebih sehat? Cobalah ganti susu segar dengan susu low-fat atau susu non-fat.

Susu segar (148 kalori) > Susu low-fat (117 kalori) > Susu non-fat (84 kalori)

Minasan bisa mengurangi kalori sebesar 64 kalori jika mengganti susu biasa dengan susu non-fat! Jangan anggap enteng 64 kalori, ini sama dengan jumlah kalori yang Minasan bakar jika berlari selama 10 menit lo!
source: http://galleryhip.com/iced-caramel-macchiato-starbucks.html

4. Kurangi sirup dan whipped cream

Di Starbucks, Minasan bisa request seberapa banyak sirup dan whipped cream yang diinginkan. Di saat diet, cobalah untuk mengurangi sirup hingga setengahnya karena setiap 1 pompa sirup mengandung 5g gula. Atau Minasan juga bisa request untuk menggunakan sirup tanpa gula. Extra caramel syrup? No no no! Kalau bisa, usahakan untuk memesan minuman tanpa whipped cream. Dengan mengurangi whipped cream saja, Minasan bisa mengurangi asupan kalori sebesar 82-130 kalori lo!
source: http://starbucksorder.tumblr.com/post/5876947438

5. Order smoothies

Siapa bilang di Starbucks hanya ada kopi dan teh saja? Starbucks biasanya juga menawarkan pilihan menu yang lebih sehat seperti smoothies yang terbuat dari buah-buahan. Bilang saja pada barista untuk tidak menggunakan gula atau pemanis agar lebih sehat. Segelas smoothies berkisar 170-230 kalori, lebih rendah dibandingkan segelas frappuccino 'kan?
source: http://www.usmagazine.com/celebrity-body/news/starbucks-offering-kale-smoothies-healthy-new-drinks-details-2015313

6. Pilih makanan pendamping yang sehat

Kalau minuman yang dipesan sudah manis, jangan pesan makanan pendamping yang juga manis rasanya. Sebaiknya, ganti dengan sandwich roti gandum dan sayuran atau kue-kue yang terbuat dari oat. Selain lebih sehat, kalorinya pun lebih rendah.
source: http://blogs.starbucks.com/blogs/customer/archive/2013/02/04/a-new-panini-with-whole-grains.aspx

7. Request extra foam

Susu yang lebih berbusa (foam milk) kalorinya lebih rendah dibandingkan susu segar, karena itu minuman hangat juga bisa dijadikan opsi di saat diet. Alasan inilah yang membuat Cappuccino kalorinya lebih sedikit dibandingkan Caffe Latte karena menggunakan foam milk.
source: http://www.starbuckcoffee.net/starbucks-recipes/how-to-make-a-starbucks-caramel-macchiato/
Nah Minasan enggak perlu takut lagi tambah gendut walaupun sering ke Starbucks!