Tren mukbang memang sudah berlangsung lama di Korea, bahkan trend ini sekarang mulai mendunia. Layaknya tren vlog, mukbang juga dilakukan sebagai ajang mencari uang dengan mendapatkan banyak penonton. Siaran yang mempertontonkan orang sedang makan dengan porsi besar ini ternyata sangat menarik minta masyarakat. Orang yang melakukan siaran mukbang disebut dengan broadcast jockey. BJ memiliki popularitas yang sama dengan selebriti atau mungkin setara dengan vlogger atau youtuber di Indonesia. 

Sekilas menonton video mukbang memang seru dan tentunya dapat menaikkan selera makan kamu. Bagi kamu yang menyukai dunia kuliner juga pastinya sangat seru karena kamu juga akan mendapatkan banyak informasi tentang makanan bahkan ada juga yang menunjukkan cara memasak. Tapi ternyata ladies, terlalu sering nonton video mukbang juga ada bahayanya, lho. Berikut adalah 4 bahaya tidak langsung dari keseringan nonton video mukbang yang enggak kamu sadari!



Ketagihan Hingga Lupa Waktu
Ternyata bukan hanya drama Korea saja yang bikin ketagihan, nonton video mukbang juga bisa, lho. Pada awalnya video mukbang memang merupakan sebuah live streaming video makan, tapi tentu saja kamu masih bisa nonton banyak video mukbang kapan saja kamu mau dengan mencarinya di Youtube. Karena terlalu asyik menonton video mukbang, mungkin saja kamu bisa lupa waktu, lho. So ladies, sebaiknya kamu membatasi diri ya ketika menonton video ini supaya kamu enggak buang-buang waktu apalagi sampai harus bedagang!
source: http://www.independent.co.uk/
baca juga


Bikin Kantong Jebol


Melihat orang makan dengan porsi yang sangat besar tentu membuat kamu penasaran. Kira-kira perut kita bisa muat juga enggak ya jika makan sebanyak itu? Rasa penasaran kamu akhirnya membuat kamu ingin mencoba-coba juga bikin video mukbang atau sekadar mencoba makan dengan porsi besar. Alhasil kamu harus keluar banyak uang karena membeli banyak makanan.

source: https://www.istockphoto.com/


Enggak Baik untuk Kesehatan


Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan gadget dan terlalu banyak makan jelas enggak baik untuk kesehatan kamu. Kamu tidak punya lagi waktu untuk olahraga dan juga kamu terlalu banyak mencoba berbagai makanan dengan porsi enggak normal. Selain itu, banyak juga video mukbang yang memperlihatkan BJ yang makan fast food, pasti kamu juga penasaran untuk mencobanya kan. Sebanyak apapun kamu nonton video mukbang ataupun membuat video mukbang, jangan sampai mengabaikan pola hidup sehat ya!

source: http://www.newsnish.com/
baca juga


Kamu Jadi Antisosial


Tahukah kamu bahwa tren video mukbang sebenarnya bisa terjadi karena banyaknya orang kesepian? Orang-orang yang kesepian ini enggak bisa makan di luar karena umumnya tempat makan di Korea menawarkan banyak menu untuk porsi 3-4 orang. Mereka akhirnya memilih untuk tinggal di rumah dan mencari hiburang online.

Pada dasarnya memang siaran mukbang ini kebanyakan disiarkan pada jam makan malam. Siaran ini menjadi semacam 'teman makan' bagi orang-orang tersebut. Jika kamu juga menjadikan video mukbang sebagai 'teman makan', tentu saja lama kelamaan kamu benar-benar akan menjadi seorang antisosial.

source: https://academichelp.net/


Itu dia bahayanya terlalu sering menonton video mukbang. Video yang satu ini boleh saja menjadi salah sau hiburan favorit kamu, tapi jangan sampai berlebihan dan melupakan pola hidup sehat ya, Beautynesian!