Di penghujung tahun, tidak sedikit orang yang mulai sibuk membuat rencana untuk tahun selanjutnya, baik itu membuat resolusi pribadi, rencana liburan, hingga yang terpenting: rencana keuangan. Tentunya kamu akan butuh uang jika ingin bisa mengakomodasi gaya hidup yang kamu mau, kan? Untuk itu, sekarang waktu yang tepat nih buat kamu mulai perencanaan keuangan untuk 2018, terlebih lagi bagi kamu para anak muda yang masih ingin mencoba banyak hal di tahun depan.


Kontrol Keuanganmu Sendiri


Penghasilan yang kamu dapatkan tiap bulan berasal dari hasil kerja kerasmu sendiri, dan tentunya juga kamulah yang paling mengerti bagaimana kondisi keuanganmu, dimulai dari pendapatan hingga pengeluaran. Jangan terlalu terpaku pada saran dari orang lain, atau parahnya, jangan biarkan orang lain “mengontrol” kondisi finansialmu.

Misalnya, orang tuamu menyuruh kamu mulai mencicil rumah ataupun membeli mobil, tetapi kamu sadar bahwa kondisimu saat ini belum memungkinkan. Maka tidak perlu kamu paksakan untuk mengikuti saran orang lain untuk membeli rumah. Perbanyak ilmu mengenai manajemen keuangan dan pastikan kamu tahu pasti langkah apa yang ingin kamu ambil selanjutnya.

source: https://www.pexels.com/


Catat dan Ketahui Setiap Pengeluaranmu


Terlihat sulit dan repot, tapi sebenarnya trik ini sangat berguna agar kamu bisa mengatur keuanganmu dengan lebih baik. Buat buku finansial yang mencatat semua pengeluaranmu, sekecil apapun itu. Dengan begini, kamu akan mendapatkan gambaran untuk membuat budgeting karena mengetahui dengan pasti seberapa besar jumlah yang kamu butuhkan untuk makan, transport, belanja, dan tabungan. Pastikan juga kamu bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, agar bisa mengontrol pengeluaran dengan lebih baik kedepannya.
 

source: https://www.pexels.com
baca juga


Siapkan Dana Darurat dan Dana Pensiun


Usia 20 atau 30 tahunan memang sepertinya masih jauh dari kata pensiun, tapi tidak ada salahnya kamu mempersiapkan tabungan pensiun dari sekarang. Selain itu, jangan lupakan juga dana emergency untuk keadaan darurat. Tidak peduli seberapa besar pengeluaranmu, pastikan kamu menyisihkan sebagian kecil dari pendapatanmu untuk dijadikan dana darurat yang bisa kamu pakai kapanpun. 

source: https://www.pexels.com


Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol keuanganmu dengan lebih baik yaitu:

  • Mulai belajar mengenai investasi.
  • Buat rencana jangka panjang, bukan hanya untuk setahun melainkan untuk 20 hingga 30 tahun ke depan.
  • Disiplin menabung. Jangan sampai kamu selalu menghabiskan pendapatanmu tiap bulan tanpa sisa sama sekali. Tipsnya, kamu bisa siapkan rekening lain khusus menabung, dan mentransfer sejumlah uang untuk ditabung saat kamu baru menerima gaji, bukan ketika uangmu sudah habis untuk pengeluaran bulanan. Dengan melakukan hal ini secara disiplin, kamu jadi bisa menabung tanpa ada alasan uang habis.