Facial Wash

Mencuci muka merupakan hal yang mutlak harus dilakukan untuk membersihkan debu dan polusi yang menempel dan membuat kulit tampak kusam terutama setelah seharian beraktivitas. Namun, sebagian besar pria biasanya hanya mencuci muka dengan air saja tanpa sabun muka nih.

Mencuci muka dengan air saja tidak bisa untuk menghilangkan debu, kotoran dan minyak di wajah sehingga tetap diperlukan sabun muka atau facial wash dengan formula yang lembut seperti cetaphil. Hal ini dikarenakan kulit pria biasanya berminyak di area hidung dan kening, namun kering di bagian pipi.

Normalnya sih mencuci muka itu sehari dua kali saat pagi dan sebelum tidur. Sekarang ini facial wash cowok semakin banyak jenisnya dan bisa kamu beli di toko atau minimarket terdekat. 

source: http://www.fenicie.com/


 

Toner

Ups, siapa bilang pria tidak butuh toner? Toner ini tetap dibutuhkan kulit wajah pria setelah menggunakan facial wash. Baik bagi wanita maupun pria, toner berfungsi untuk menyegarkan, mengangkat sel kulit mati dan mengangkat sisa bahan kimia dari facial wash yang masih tertinggal sekaligus dapat mengembalikan dan menormalkan pH kulit.

Selain itu, skin care pria berupa toner ini juga bisa mengecilkan pori-pori. Cukup tuang toner di kapas kemudian diusap atau ditepuk-tepukan ke wajah secara perlahan.

 

source: https://www.tokopedia.com/


 

baca juga

Moisturizer atau Pelembap

Skin care pria berikutnya yang tak kalah penting harus dimiliki adalah moisturizer atau pelembap yang berfungsi melembapkan, menghidrasi dan mengontrol minyak yang ada di wajah. Sebagian besar pria memang memiliki jenis muka yang berminyak, namun jangan khawatir dengan memakai pelembap akan membuat wajah lebih berminyak.

Hanya saja kamu bisa memakai pelembap secukupnya dengan formula yang ringan dan tidak lengket. Sekarang ini pelembap wajah khusus pria juga sudah banyak dijumpai. Setidaknya pria wajib menggunakan pelembap sehari sekali. 

 

source: https://www.hipwee.com/


 

Deodorant

Jangan lupa perhatikan masalah aroma badan. Untuk menjaga agar badan tetap segar dan wangi, pria juga bisa menggunakan deodorant atau anti-perspirant. Deodorant mencegah bau badan dengan menghambat pertumbuhan bakteri, sedangkan anti-perspirant menghambat keluarnya keringat. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Bentuk dari deodorant sekarang juga bermacam, bahkan jika kamu ingin yang praktis bisa memilih deodorant dalam bentuk spray. 

 

source: https://www.catchthedeal.com.au/


 

baca juga

Sunscreen atau Sunblock

Tak hanya wanita, pria yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan juga memerlukan skincare pria berupa sunscreen atau sunblock. Hal ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak sel-sel kulit dan menimbulkan kanker kulit serta sunburn. Pria biasanya malas memakai skincare yang ribet, namun sekarang banyak produk sunscreen atau sunblock yang berbentuk spray sehingga lebih praktis penggunaannya.

Pilih yang formulanya ringan dan nyaman. Minimal pilih yang mengandung SPF 20 atau jika malas reapply kamu bisa pilih yang mengandung  SPF lebih tinggi lagi, karena untuk SPF 20 hanya dapat melindungi kulit selama kurang lebih 60 menit.

source: https://www.hipwee.com/


 

Scrub atau Peeling Gel

Pernah kamu perhatikan tidak sih jika ternyata pria lebih cepat berkomedo karena kulitnya cenderung berminyak? Ya, hal ini memang benar adanya, oleh karena itu pria juga memerlukan perawatan pengangkatan kulit mati atau eksfoliasi. So, skincare pria yang wajib ada berikutnya adalah scrub atau peeling gel.

Rutin melakukan eksfoliasi menggunakan scrub atau peeling gel dapat mengangkat sel-sel kulit mati, mengangkat minyak berlebih pada wajah dan mengangkat kotoran hingga ke pori-pori wajah. Hal yang perlu diingat adalah cukup melakukan perawatan eksfoliasi ini 1 - 2x seminggu. 

source: http://rakghana.com/


 

Shaving Cream

Punya pengalaman terluka saat mencukur? Para pria sebaiknya punya skin care pria satu ini. Shaving cream akan memberikan perlindungan dan perawatan ekstra saat mencukur. Jangan takut ribet kalau semua itu demi kebaikan. Mau acara bercukur aman? Ya sediakan shaving cream mulai dari sekarang ya!

source: http://www.primandprep.com/