Menurunkan Berat Badan dengan Sauna


Pada dasarnya, sauna merupakan salah satu terapi kesehatan yang menggunakan panas. Tapi, siapa sangka, ternyata penggunaan panas ini juga ampuh dalam menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan suhu yang tinggi saat melakukan sauna dalam menyebabkan keluarnya keringat secara ekstrim. Dengan begitu, beragam racun dalam tubuh ikut keluar bersama dengan keringat tersebut. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukan bahwa dengan sauna, seseorang dapat membakar sekitar 200 kalori per sesinya.

source: https://www.druzbahotel.sk/


Panas dan uap yang dirasakan saat bersauna akan meningkatkan denyut jantung. Denyut jantung yang meningkat akan memicu kalori untuk terbakar dengan adanya proses peningkatan metabolisme. Dengan begitu, kelebihan garam dalam tubuh juga akan berkurang. Garam yang selama ini berfungsi untuk mengikat lemak dalam tubuh pun hilang, itulah yang mengakibatkan penurunan berat badan dengan melakukan sauna secara rutin.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba menurunkan berat badan dengan sauna, simak beberapa tips berikut ini agar diet kamu berhasil.
 


Tips Sauna Untuk Menurunkan Berat Badan


source: https://www.medicalnewstoday.com/
 
  • Intensitas : Untuk menurunkan berat badan dengan sauna, setidaknya kamu harus rutin dan disiplin untuk mengunjungi sauna. Pada awal perawatan, pastikan setidaknya kamu bersauna setiap dua kali salam seminggu dengan minimal waktu 30 menit per datang. 
  • Suhu : Apabila kamu menggunakan fasilitas sauna dari spa atau gym, suhu yang diatur sudahlah sesuai dengan ketentuan. Akan tetapi, jika kamu melakukannya di rumah, pastikan suhu yang digunakan adalah sekitar 65 derajat celcius.
  • Diet : Meskipun sauna memang terbukti dapat membakar lemak dengan baik, bukan berarti kamu menjadi bebas memilih makanan sesuka hatimu. Cobalah untuk mengurangi makanan yang dapat meningkatkan berat badan. Dengan begitu, program saunamu akan berjalan lebih lancar.
  • Cairan Tubuh : Ingat, tidak hanya kalorimu yang terbakar, cairan dalam tubuh juga akan berkurang secara drastis saat kamu melakukan sauna. Jadi, pastikan untuk selalu banyak meminum air putih sebelum dan sesudah melakukan sauna.
  • Pakaian Sauna : Pertimbangkan untuk menggunakan pakaian khusus sauna untuk memberikan efek yang lebih optimal dalam menurunkan berat badan.

 
baca juga
source: https://www.health.harvard.edu/


Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu ketahui untuk mengoptimalkan program diet sauna kamu. Tapi ingat, hindari sauna secara berlebihan, apabila kamu sedang tidak fit, sebaiknya kamu berhenti untuk bersauna hingga kamu benar-benar pulih.