Menenangkan Kulit

Beberapa masalah kemerahan kulit seperti dermatitis, kulit terbakar sinar matahari, gigitan serangga bahkan eksim dapat diatasi dengan oatmeal. Cara mengatasinya adalah dengan mencampur air panas, madu, dan plain yogurt ke dalam 1/4 mangkuk berisi oatmeal. Aduk rata hingga membentuk pasta, lalu aplikasikan pada kulit yang mengalami masalah kemerahan. Biarkan hingga mengering, setelah itu bilas dengan air dingin.
source: http://beautybets.com/2012/08/22/oatmeal-honey-yogurt-strawberry-face-mask/
Madu dan yoghurt juga akan menenangkan kulit Anda. Keduanya mengandung nutrisi yang membantu menjaga kulit lembut dan halus. Madu, menjadi humektan dan anti-inflamasi, membantu mempertahankan kelembaban di kulit dan mengurangi peradangan. Plus, memiliki sifat antimikroba yang membantu melawan bakteri dan mencegah infeksi.
source: http://www.top10homeremedies.com/diy-homemade/easy-homemade-diy-oatmeal-mask-eczema.html

Mengangkat Sel Kulit Mati

Oatmeal juga mampu mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit menjadi kusam. Langkah paling sederhana adalah dengan merendam bagian kulit seperti tangan atau kaki dengan air hangat selama 10 menit, lalu gunakan oatmeal sebagai scrub. Jika untuk mengeksfoliasi wajah, gunakan oatmeal sebagai masker dengan menambahkan air hangat, garam laut dan baking soda. Diamkan kurang lebih 10 menit di wajah, lalu bilas dengan air dingin. Atau bisa juga ditambahkan dengan minyak zaitun atau minyak almond untuk melembabkan setelah eksfoliasi.
source: http://www.humblebeeandme.com/oatmeal-milk-and-honey-sensitive-skin-facial-scrub/
Kandungan mineral pada garam sangat baik untuk menutrisi kulit. Lalu teksturnya yang sedikit kasar, sering dimanfaatkan untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang menempel di kulit dan sulit hilang hanya dengan mandi.
source: http://life.viva.co.id/news/read/386708-kulit-makin-cerah-berkat-garam
Tahukah Anda bahwa baking soda banyak digunakan oleh salon perawatan? Baking soda dimanfaatkan untuk microdermabrasion, yang mengandung natrium bikarbonat. Namun, jumlah baking soda yang digunakan pada kulit harus benar-benar diperhitungkan. Jika berlebihan, bisa memicu iritasi kullit.
source: http://www.doktercewek.com/tips-alami-membersihkan-sel-kulit-mati/

Membersihkan Wajah untuk Kulit Sensitif

Oatmeal sangat cocok untuk semua jenis kulit bahkan kulit sensitif sekali pun. Gunakan oatmeal sebagai pembersih wajah dengan cara mencampur oatmeal dengan susu tanpa pemanis atau susu murni atau dengan minyak zaitun, yang diletakkan di dalam sebuah kantong kain berpori. Basahi kantong, lalu peras airnya, gunakan kain tadi sebagai pembersih. Atau manfaatkan air sisa perasan untuk mencuci muka.
source: http://www.onegoodthingbyjillee.com/2012/10/how-to-make-your-own-oatmeal-shower-bags.html
source: http://www.onegoodthingbyjillee.com/2012/10/how-to-make-your-own-oatmeal-shower-bags.html
Cobalah sentuhan busa alami tradisional dari susu murni sebagai sabun pembersih wajah atau tubuh. Susu murni efektif menghilangkan sisa kotoran kosmetik dan minyak.
source: http://www.tabloidnova.com/Nova/Kecantikan/Kulit/Susu-Murni-Ternyata-Berkhasiat-Merawat-Kecantikan-Kulit/
Minyak zaitun bersifat hypoallergenic sehingga aman digunakan pada kulit sensitif.
source: http://www.minyakzaitunasli.com/2015/02/manfaat-minyak-zaitun-untuk-jerawat-dan-komedo.html

Mengecilkan Pori-pori

Masalah pori-pori besar bisa diatasi dengan oatmeal. Kombinasikan oatmeal dengan krim keju dan jus lemon. Caranya, siapkan 4 sendok makan krim keju, 1 sendok makan oatmeal, dan 1/2 sendok teh jus lemon segar. Campurkan semua bahan hingga menyatu, aplikasikan pada kulit hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat, akhiri dengan air biasa.
source: http://www.beauty-tips.com/skin/oatmeal-baths-skin-treatments
Kombinasi oatmeal masker wajah bagus yang akan membuat kulit Anda bersinar dan halus. Asam laktat dalam krim keju menyusut pori-pori dan membersihkan kulit Anda. Asam sitrat dalam lemon mengelupaskan dan dapat mencerahkan kulit Anda. Oatmeal menambahkan kulit antara ekspresi wajah dan kerutan.
source: http://www.natural-homeremedies-for-life.com/oatmeal-mask.html

Masalah Jerawat dan Bekas Jerawat

Oatmeal, jeruk nipis, dan kayu manis dipercaya mampu mengusir bakteri sehingga efektif untuk mengusir jerawat dan bekasnya dengan cara alami. Caranya, tambahkan 2 tetes perasan air jeruk nipis, 1/2 cup air hangat, dan 1 sendok teh kayu manis bubuk. Aplikasikan pada wajah sebagai masker selama 15 menit. Bilas dengan air hangat, dan gunakan air dingin di bilasan terakhir untuk mengecilkan pori-pori kulit. Karena jeruk dan kayu manis bisa memberikan efek panas ketika terkena jerawat, Minasan bisa mengganti salah satu bahan tersebut dengan madu.
source: http://www.cosmochics.com/cinnamon-and-oatmeal-mask-for-acne-scars-and-blemishes-do-it-yourself/#2t300aagzhu.10872.pi
Lemon memiliki kandungan asam yang tinggi dan bahan astringent-nya mampu mengeringkan jerawat dengan menyerap minyak dan kandungan asamnya akan membunuh bakteri.
source: http://www.homeremedyfind.com/9-home-remedies-for-acne-scars/
Madu dapat dicampurkan dengan jus lemon, daun basil atau mint untuk mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Kayu manis juga memiliki manfaat sebagai anti-penggumpalan dan anti-inflamasi.
source: http://www.homeremedyfind.com/9-home-remedies-for-acne-scars/
Itulah beberapa kombinasi oatmeal dengan bahan alami lainnya untuk mengatasi beragam masalah kulit. Tambahan informasi mengenai oatmeal untuk kecantikan, oatmeal biasanya tidak mudah menempel pada wajah dan seringkali jatuh saat diaplikasikan. Untuk mengatasinya, buatlah oatmeal mentah menjadi bubuk dengan menggunakan penggiling biji kopi, kemudian saat hendak digunakan biarkan oatmeal larut dalam air hangat untuk mendapatkan tekstur creamy dan mudah menempel pada kulit. Jangan lupa untuk memilih plain oatmeal, dan hindari membeli oatmeal yang sudah dicampur pemanis. Selamat mencoba!
youtube:aE7S1JyMHFg
source: https://www.youtube.com/watch?v=aE7S1JyMHFg
How to give a baby an oatmeal bath