Powder highlighter
Tak perlu diragukan lagi, powder highlighter adalah jenis highlighter yang paling populer. Lihat saja The Balm Mary Lou-Manizer atau ELF Baked Highlighter. Powder highlighter diaplikasikan dengan bantuan kuas pada titik-titik tertinggi wajah setelah setting powder.
 
Pilih powder highlighter, kalau:

  • Kamu punya kulit berminyak, maka powder highlighter akan lebih tahan lama ketimbang jenis lainnya.
  • Kamu adalah pemula makeup yang baru kali ini mencoba highlighter. Jenis powder highlighter lebih mudah diaplikasikan dan diatur intensitasnya.
  • Kamu ingin bereksperimen dengan highlighter yang samar hingga highlighter yang intens. Powder highlighter hadir dalam beberapa variasi intensitas, mulai subtle highlight seperti Essence Pure Nude Highlighter hingga highlighter yang mendekati metallic seperti Maybelline Face Studio Master Chrome.
     
source: http://thebeautycollection.com.au/2016/01/another-highlighter-roundup-the-whole-collection/



Liquid highlighter dan cream highlighter
Jangan bingung oleh kedua istilah ini, karena nyaris tak ada perbedaan antara liquid highlighter dan cream highlighter. Liquid highlighter punya tekstur yang lebih cair, seperti Benefit Cosmetics High Beam Highlighter. Sementara itu, cream highlighter bertekstur mirip pelembab, seperti NYX Born To Glow Illuminator.
 
Pilih liquid highlighter atau cream highlighter, kalau:
Kamu punya kulit normal hingga kering, maka kandungan emollient dalam kedua jenis highlighter ini akan mempermudah proses blending, dan tak akan menegaskan tekstur kulit kering.
Kamu ingin membuat illuminating foundation dengan cara mencampurkan highlighter ke dalam foundation atau BB Cream.
 

source: https://www.influenster.com/article/the-best-liquid-highlighters
baca juga



Stick highlighter
Produk ini ibarat perpaduan antara bentuk padat powder highlighter dengan efek seperti liquid highlighter. Bentuknya praktis, namun hasilnya subtle dan mudah dibaurkan dengan jari. Sayang, formulasi stick highlighter tak selalu pas dengan foundation yang kamu pakai. Beberapa jenis stick highlighter punya tekstur waxy yang justru akan menggeser atau mengangkat foundation pada wajah. Ambil dengan jari, lalu tepuk-tepuk pada tempat yang diinginkan.
 
Pilih stick highlighter, kalau:

  • Highlighter bukan produk baru dan kamu sudah terbiasa memakai segala jenis highlighter.
  • Kamu butuh highlighter yang praktis untuk dibawa-bawa.
     
source: https://www.benefitcosmetics.com/us/en/product/watts-cream-highlighter