Dulu waktu belum perhatian dengan kulit, kemungkinan besar kamu belum punya skincare routine yang benar dan nggak peduli dengan manfaat tiap-tiap produk. Setelah selesai beraktivitas, langkah yang wajib hanyalah cuci muka untuk menghapus riasan, pakai toner untuk membersihkan sisa makeup, lalu diakhiri dengan pelembap. Merk dan jenis apa saja nggak masalah, asal jenis produknya sama.
 
Nah, kalau kamu sudah kembali ke jalan skincare yang benar, tentu kamu sudah lebih paham akan pentingnya double cleansing, urutan skincare yang benar sebelum makeup di pagi hari, hingga urutan skincare malam hari. Beberapa produk seperti serum atau pelembap buat pagi hari mungkin kurang mempan untuk melembapkan di malam hari, jadi kamu perlu night cream terpisah. Namun, bagaimana dengan langkah-langkah lainnya seperti face wash atau toner?
 

source: https://hiveminer.com/



Face Wash


Jawabannya bisa berbeda-beda, tergantung makeup remover yang kamu gunakan. Bila makeup remover-mu meninggalkan residu seperti rasa licin dan lengket di kulit, maka kemungkinan besar kamu perlu face wash yang punya daya membersihkan lebih besar. Nah, kalau face wash yang sama kamu pakai untuk cuci muka di pagi hari, ada resiko kulit jadi terasa kering dan tak nyaman karena face wash kelewat harsh. Jadi, pilihlah face wash yang lebih gentle untuk pagi hari, seperti Hada Labo Gokujyun Foaming Face Wash. Formulanya bebas deterjen dan pH-balanced, sehingga tidak membuat kulit kering.
 
Sebaliknya, bila kamu memakai makeup remover yang tidak meninggalkan residu, kemungkinan besar face wash yang gentle akan cukup untuk membersihkan kulitmu. Jadi, kamu nggak perlu face wash yang terpisah untuk pagi dan malam hari.
 

source: https://www.verywell.com/
baca juga



Toner


Fungsi utama toner adalah untuk menyeimbangkan pH kulit dan mengembalikan kadar air yang hilang akibat cuci muka, bukan untuk membersihkan sisa makeup. Kalau masih ada kotoran yang menempel di kapas, artinya proses menghapus makeup belum tuntas.
 
Nah, karena kamu sama-sama cuci muka pada pagi dan malam hari, maka kamu hanya butuh satu toner yang memberikan kedua fungsi di atas. Nggak perlu dua toner yang terpisah untuk skincare pagi dan skincare malam.
 

source: https://www.skincare.com/