Primer merupakan salah satu make up yang tidak lengkap rasanya jika tidak dipakai. Penggunaan primer pun bertujuan untuk membuat riasan lebih tahan lama, dan memperhalus kulit agar tampilan make up lebih flawless di wajah. Sayangnya, beberapa wanita dengan masalah kulit berjerawat mungkin tidak cocok menggunakan primer.

Seperti make up lain pada umumnya, masalah jerawat pun bisa juga muncul pada kamu dnegan kulit normal yang jarang berjerawat. Tapi apakah jerawatmu disebabkan oleh primer? Yuk ketahui dulu fakta seputar primer berikut agar kamu lebih paham.


Berbasis Silikon


Kebanyakan primer menggunakan silikon sebagai bahan utama. Silikon sendiri umum ditemui di produk kecantikan, dan bisa membuat kulit lebih lembut dan mengisi pori-pori ataupun garis halus, agar make up bisa lebih awet dan terlihat flawless di kulit. Jenis silikon yang biasa ditemui pada kosmetik yaitu dimethicone, cyclomethicone, cyclohexasiloxane, cetearyl methicone and cyclopentasiloxane.

source: https://beautyeditor.ca



Apa Saja Efek Silikon di Kulit?


PRO

Silikon bersifat hypoallergenic (cenderung tidak akan menyebabkan reaksi alergi) dan juga non-comedogenic (tidak menyumbat pori). Silikon secara umum juga aman, dan bisa memberikan efek yang baik sebagai make up primer karena menghaluskan dan melembutkan kulit. Silikon sendiri tidak menyumbat pori, dan malah “melindungi” kulit karena tidak diserap, melainkan hanya melapisi kulit agar kotoran tidak masuk.

source: https://beautyeditor.ca
baca juga


KONTRA

Nah, sudah paham kan bagaimana silikon tidak diserap melainkan hanya melapisi bagian kulit? Jika kulitmu bersih, hal ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan, karena silikon bisa menghalau kotoran untuk masuk ke pori-pori. Tapi lain cerita jika ternyata kotoran malah terjebak di pori-porimu. Minyak, sel kulit mati, dan bakteri yang terjebak di dalam pori-pori akan semakin parah apabila kamu memakai produk berbahan silikon. Ketiga hal ini bisa terjebak di pori-pori dan malah membuat kulitmu berjerawat.

Perlu diingat juga bahwa silikon bukan bahan aktif yang bisa memberikan keuntungan langsung bagi kulit. Karena itu, jangan berpikir bahwa silikon bisa membuat kulitmu lebih cerah atau menyembuhkan jerawat.

source: http://www.easyhaircaretips.com


Sudah tahu kan bagaimana asal-usul kandungan silikon pada primer? Bukannya tidak boleh memakai primer sama sekali, tapi perhatikan juga kebersihan kulitmu ya, Ladies! Jika kulitmu kerap bereaksi negatif akibat penggunaan primer, ada baiknya kamu mengganti primer dengan moisturizer biasa sebagai makeup base.