Menstruasi atau haid merupakan hal alami yang terjadi pada tubuh wanita, dimana dinding rahim akan meluruh akibat sel telur yang tidak dibuahi. Proses inipun menyebabkan keluarnya darah melalui organ kewanitaan. Di Indonesia sendiri, siklus bulanan ini masih kerap dihubungkan dengan berbagai kepercayaan atau mitos yang aneh-aneh, seperti tidak boleh keramas ataupun olahraga saat menstruasi.

Walaupun kelihatannya “menakutkan”, tapi sebenarnya menstruasi merupakan hal yang normal dan tidak perlu kamu samakan dengan kondisi tubuh yang tidak fit. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan seputar beberapa kepercayaan aneh menstruasi berikut ini.


Mitos #1 Tidak Boleh Keramas


Banyak orang tua melarang anak perempuannya untuk keramas saat menstruasi karena dikhawatirkan bisa menimbulkan masuk angin atau sakit. Faktanya, dokter pun tidak melarang dan tidak menemukan adanya hubungan antara keramas saat haid dengan sakit. Ketika menstruasi, seluruh organ tubuhmu masih berfungsi secara normal, sehingga kamu tidak perlu takut untuk mandi atau mencuci rambut. Kalau perlu, kamu bisa juga mandi air hangat agar tubuh lebih rileks dan mengurangi nyeri yang datang saat menstruasi.

source: https://www.pexels.com/u/olly/


Mitos #2  Minum Soda Saat Haid Bisa Menyebabkan Kanker, Kista, dan Pembekuan Darah


Pernah dengar jika soda yang diminum saat menstruasi bisa menyebabkan kanker, kista, atau membuat darah haid-mu beku? Jika pernah, maka sebaiknya kamu jangan percaya ya, Ladies. Mitos yang seperti terdengar masuk akal ini sebenarnya sangat konyol dan tidak benar.
Perlu kamu tahu, saluran pencernaan (lambung dan usus) dan saluran reproduksi (rahim) merupakan 2 saluran berbeda dan tidak saling berhubungan. Dengan saluran berbeda ini, tentunya apapun yang kamu konsumsi tidak bisa berdampak langsung pada darah haid, seperti membekukan darah atau membentuk kista di rahim misalnya.

source: https://www.womenfitness.net/
baca juga


Mitos #3 Tidak Boleh Berolahraga Saat Haid


Menstruasi merupakan kondisi normal dan alami yang dialami oleh wanita. Jangan sampai kamu menyamakan kondisi menstruasi dengan sakit ya, Ladies! Kamu tetap boleh kok bergerak aktif, berolahraga, dan beraktviitas seperti biasa saat haid. Olahraga rutin yang dilakukan justru malah terbukti bisa mengurangi rasa nyeri di perut saat menjelang haid lho! Namun jika kamu merasa sangat lemas dan nyeri, sebaiknya memang kamu beristirahat saja. Untuk kamu yang tetap bugar, tidak ada salahnya lho berolahraga saat menstruasi!
 

source: https://www.pexels.com/u/burst/