Saat mau kedatangan tamu bulanan, mendadak ada jerawat yang muncul di wajah. Saat mencoba produk makeup baru, timbul jerawat. Pas mencoba skincare baru, lagi-lagi ada jerawat yang muncul di wajah! Jangan buru-buru bilang nggak cocok, karena penyebabnya belum tentu sama, lho.
 
Sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa penyebab dari wajah breakout terlebih dahulu. Pembentukan jerawat dimulai saat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati yang tidak luruh dengan sempurna, yang dinamakan microcomedone. Tak kelihatan dari permukaan kulit, namun inilah cikal bakal jerawat. Microcomedone dapat berkembang jadi komedo hitam, komedo putih, jerawat biasa, hingga jerawat nanah.
 

source: http://www.savetopangastatepark.org/



Bagaimana dengan Purging?


Istilah purging sendiri berasal dari kata purge yang artinya menyingkirkan secara paksa. Boleh dibilang, jerawat purging adalah jerawat yang menyingkirkan pori-pori tersumbat secara paksa, dengan mendorongnya ke permukaan kulit. Nah, nggak semua produk skincare bisa menyebabkan purging, lho.

source: http://www.rickys-nyc.com
baca juga



Apa Penyebab Timbulnya Jerawat Purging?


Produk-produk dengan kandungan bahan aktif yang mempercepat proses pergantian sel kulit dapat, namun tidak selalu, menyebabkan purging. Apabila microcomedone membutuhkan waktu enam sampai delapan minggu untuk berkembang menjadi jerawat, maka saat purging siklus ini dipercepat. Berikut ini kandungan bahan aktif yang dapat menimbulkan purging:

  • alpha hydroxy acids atau AHA,
  • beta hydroxy acids atau BHA,
  • polyhydroxyacids atau PHA,
  • Vitamin C,
  • Retinoid,
  • benzoyl peroxide, serta
  • beberapa jenis scrub dan face brush
     
source: https://www.womenshealthmag.com/


 
Bagaimana Cara Mendeteksi Jerawat Purging?


Ada dua patokan untuk mengenali jerawat purging, yaitu tempat dan durasinya. Pertama, karena jerawat purging hanya menyingkirkan “bakal jerawat” di bawah kulit, maka jerawat purging letaknya nggak akan jauh-jauh dari bagian wajahmu yang biasa berjerawat. Misalnya, kamu sering berjerawat di bagian dahi, maka jerawat purging akan muncul di bagian yang sama. Kalau tidak, kamu perlu waspada, mungkin kamu tidak cocok dengan sebuah produk.
 
Kedua, karena secara normal proses pergantian sel kulit terjadi tiap satu bulan sekali, jerawat purging akan hilang sebelum satu bulan. Bahkan, jerawat purging ada yang hilang dalam satu minggu saja. Kalau memakan waktu lebih, kemungkinan jerawatmu disebabkan karena enggak cocok atau iritasi.

source: https://www.womenshealth.com.au/