Sejak bisa mandi sendiri, otomatis kamu pasti juga keramas sendiri. Kalau dipikir-pikir lagi, tak ada yang pernah mengajari cara keramas yang benar. Umumnya, hanya menggunakan shampoo hingga berbusa, memijat, kemudian membilas pun sudah dianggap sebagai keramas. Ada hal-hal sepele yang sering terlewat, sehingga membuat rutinitas merawat rambut jadi sia-sia.



Kesalahan 1: Kurang Membasahi Rambut


 

source: http://stylecaster.com

Shampoo akan bekerja maksimal saat diaplikasikan ke rambut yang basah. Pastikan rambut telah dibasahi hingga ke akar dan kulit kepala.


Kesalahan 2: Mencuci Rambut Dengan Air Panas


 

source: http://homehealthbeauty.in

Banyak anjuran untuk mencuci rambut dengan air panas untuk membuka pori-pori rambut. Padahal, air panas dapat membuat kulit teriritasi, mmerah, dan mudah kering. Lebih baik, gunakan air hangat yang pas untuk keramas.

baca juga


Kesalahan 3: Menggosok Bagian Ujung Rambut


 

source: https://waterliliesandcompany.com

Kotoran pada rambut terpusat di kulit kepala, di mana ada produksi minyak, sel kulit mati, serta debu. Oleh karena itu, fokuslah di bagian kulit kepala saat keramas. Jangan terlalu banyak menggosok bagian ujung rambut dengan shampoo, karena lebih mudah kering dan rusak.


Kesalahan 4: Pakai Terlalu Banyak Shampoo


 

source: https://www.dreamstime.com

Buat sebagian orang, rasanya keramas belum afdol kalau belum pakai shampoo banyak-banyak, supaya rambut lebih wangi dan busa melimpah. Padahal, selain boros, memakai terlalu banyak shampoo dapat meninggalkan residu di rambut. Sebaiknya, busakan dulu shampoo dengan benar sebelum mulai keramas, agar kamu tak memakai banyak shampoo.

baca juga


Kesalahan 5: Keramas Berulangkali


 

source: https://www.mamavation.com

Beberapa shampoo menganjurkan agar kamu mengulangi proses keramas bila diperlukan. Namun, hal ini tidak berarti kamu wajib mengulangi keramas setiap kali, lho! Kalau sudah dirasa bersih, maka kamu tidak perlu mengulanginya. Ada beberapa saat di mana kamu harus mengulangi keramas, misalnya setelah memakai hair mask atau hair oil.
 


Kesalahan 6: Buru-Buru Membilas



 

source: http://www.fashionlady.in/

Entah karena buru-buru atau hal lainnya, sebagian orang terbiasa membilas rambut sesaat setelah memakai shampoo. Ini adalah cara merawat rambut yang keliru, karena busa saja tak dapat membersihkan rambutmu. Shampoo perlu waktu untuk bekerja, dibantu dengan pijatan ringan di bagian kulit kepala.