1. Minum air putih sebanyak-banyaknya belum tentu baik

Karena air putih baik untuk kesehatan Minasan mungkin berpikir sedikit-sedikit minum itu adalah kebiasaan yang baik. Apa itu benar?
Terlalu banyak minum air justru malah akan memberikan efek tidak baik untuk tubuh seperti merusak ginjal dan bahkan dampak paling fatal seperti kematianpun bukan tidak mungkin dapat terjadi apabila kita minum terlalu banyak air pada satu waktu tertentu.
source: http://bidanku.com/jangan-salah-meski-sehat-terlalu-banyak-minum-air-ternyata-berbahaya
source: http://chiyorichan.tumblr.com/post/99543558408/hakuchium-oyapu-mosacoxxxx
Banyak minum air putih memang tidak menyebabkan kegemukan, tapi kalau tidak diimbangi dengan olahraga maka kandungan air tidak akan bisa keluar sepenuhnya melalui keringat dan bisa menyebabkan tubuh membengkak.
source: http://mery.jp/110394

2. Ketahui cara benar minum air putih

Anjuran terbaik untuk minum air putih adalah 1.5-2.5 liter sehari, sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing. Kalau Minasan juga suka minum teh, kopi, soda dan minuman lainnya ini juga termasuk dalam hitungan.
source: https://www.linkedin.com/pulse/20141001072737-72294661-global-and-china-cold-drink-industry-2014-market-trend-size-share-growth-and-forecast
Konsumsilah air minum secukupnya atau tidak berlebihan, yaitu tidak lebih dari 0.03 liter per kg berat badan kita. Jadi, misalnya seseorang memiliki berat badan seberat 50 kg, maka konsumsi air minum yang diperbolehkan untuk orang tersebut adalah tidak lebih dari 1.5 liter per hari.
source: http://www.tipscaraterbaik.com/ukuran-minum-air-putih-perhari-yang-benar.html

3. Lebih baik minum air biasa

Air dingin memang lebih cepat diserap oleh tubuh, tapi akan mengakibatkan beban berlebih pada lambung jadi sebaiknya minum air putih pada suhu ruangan.
Mengonsumsi air es diketahui juga bisa mengganggu proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air es bisa menyempitkan pembuluh darah. Akibatnya, tubuh anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang anda konsumsi. jika sudah begitu, nutrisi dari makanan yang anda konsumsi akan habis dan hilang sebelum di serap oleh tubuh.
source: http://media-shareplus.blogspot.com/2015/03/masalah-kesehatan-akibat-sering-minum-air-es.html
source: http://hidrateh2o.com/2014/07/31/health-benefits-of-drinking-cold-water/

4. Minumlah air setelah minum kafein

Minum minuman berkafein akan menambah beban pada lambung, dan dapat menguras kandungan air dalam tubuh. Jadi ketika minum 1 gelas kopi atau teh usahakan untuk meminum 2 gelas air setelahnya.
source: http://health.liputan6.com/read/2165267/minum-kopi-bisa-kurangi-risiko-kanker-kulit
Kafein mempengaruhi juga sistem kemih. Ia memiliki sifat diuretic. Hal ini dianggap bahwa dalam dosis tinggi dan diuresis meningkat dapat menyebabkan dehidrasi. Itulah mengapa mereka yang minum minuman dengan konsentrasi tinggi kafein juga harus minum banyak air putih.
source: http://www.akuinginsukses.com/fakta-sebenarnya-tentang-mitos-minum-kopi/

5. Perbanyak minum air putih di saat sembelit

Susah buang air besar? Berarti saatnya Minasan memperbanyak konsumsi air putih untuk mempermudah buang air besar.
Sembelit anda akan cepat teratasi jika anda banyak minum air putih hangat. Cairan hangat dapat merangsang kontraksi usus agar tubuh kita lebih mudah buang air besar.
source: http://jualproduktiens.com/cara-mengatasi-sembelit-atau-susah-buang-air-besar-saat-hamil/
source: http://lifestyle.sindonews.com/read/1002878/155/wanita-lebih-rentan-terserang-sembelit-1432023058

6. Minum segelas air setelah bangun tidur

source: http://www.healthbeyondhype.com/info/choosing-coke-over-water/a-glass-of-water-on-a-lazy-morning
Minumlah air putih dalam keadaan perut kosong, terutama saat bangun tidur untuk mendapatkan manfaatnya.
Minum air putih di pagi hari dapat memperlancar buang air besar, maka dari itu perbanyaklah minum air putih pada saat bangun tidur. Minum air putih pada saat bangun tidur juga berfungsi atau bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka akan terhindar dari macam-macam penyakit.
source: http://www.cintamela.com/manfaat-minum-air-putih-saat-bangun-tidur-dan-perut-kosong-bagi-tubuh/

7. Hindari minum air sebelum makan

Banyak orang beranggapan minum air putih sebelum makan bisa membuat perut terasa kenyang lebih dulu sehingga porsi makanan yang dimakan akan lebih sedikit. Tapi ada efek sampingnya!
source: http://mery.jp/91704
Mengonsumsi air terlalu banyak tepat sebelum makan memang membuat Anda kehilangan nafsu makan karena lambung menjadi penuh. Dan, minum air sesaat sebelum makan akan membuat proses penyerapan makanan oleh enzim menjadi lebih sulit.
source: https://www.facebook.com/permalink.php?id=161499327308514&story_fbid=207325442725902
Mari kita terapkan hidup sehat mulai dari minum air putih!