Akhir bulan ingin beli skin care tapi kondisi dompet enggak memungkinkan? Enggak masalah, karena kali ini beautynesia.id akan berbagi tips untuk membuat pelembap dengan bahan-bahan dapur. Penasaran? Berikut penjelasannya!


Bengkoang + Es Batu
Bengkoang menjadi salah satu bahan wajib untuk pembuatan pelembap wajah alami. Selain dapat menjaga kelembapan kulit, bengkoang juga sangat unggul dalam mencerahkan warna kulit. Nah, buat kamu yang kepingin mencoba membuat pelembap wajah dari bengkoang, kamu cukup sediakan 1-2 buah bengkoang untuk diolah.
source: https://hellosehat.com/

Lakukan pengolahan bengkoang seperti berikut :
  1. Cuci bengkoang dengan air dingin
  2. Parut bengkoang hingga halus
  3. Masukan es batu kedalam parutan bengkoang
  4. Oleskan parutan bengkoang ke seluruh wajah kamu sambil mengkompres wajah kamu dengan es batu yang sudah di campurkan kedalam parutan bengkoang untuk mendapatkan sensasi menyegarkan yang lebih maksimal.
source: http://www.alodokter.com/


Oh iya, sari bengkoang cocok untuk semua jenis kulit lho, jadi kamu enggak perlu khawatir soal alergi atau efek samping ya.

baca juga


Santan Kelapa + Bubuk Cendana


Santan kelapa merupakan jenis bahan pangan yang memiliki khasiat multifungsi terhadap kesehatan kulit, lho. Selain dapat melembapkan kulit, santan kelapa dipercaya dapat mencerahkan warna kulit sekaligus meredakan iritasi ringan seperti bentol atau bekas jerawat.

source: http://pemutihwajah.id/

Untuk pemilhan santan, kamu harus menggunakan perasan santan asli ya. Tapi jika kamu malas untuk memeras kelapa secara manual, kamu bisa mengunjungi pasar-pasar tradisional untuk mendapatkan santan perasan alami yang sudah dikemas.

Lalu, bagaimana cara pengaplikasiannya?
  1. Ambil santan perasan
  2. Oleskan santan keseluruh bagian wajah (Hindari area mata)
  3. Campurkan bubuk cendana kedalam adonan santan untuk meningkatkan khasiat kelembaban kulit yang lebih maksimal (Opsional)
source: http://www.tampilcantik.com


FYI:
Buat yang bingung untuk mendapatkan bubuk cendana, kamu bisa mendapatkannya di pasar atau fresh market terdekat.

baca juga


Green Tea + Lemon Toner


Pastinya kamu sudah tahu tentang khasiat dua bahan yang satu ini kan? Yup! Teh hijau memiliki khasiat yang baik dalam melakukan perawatan kulit seperti kerut dan mengangkat sel kulit mati. Ditambah dengan khasiat lemon yang memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi untuk menjaga kelembapan kulit, maka kamu bisa mencoba untuk mencampurkan kedua bahan ini untuk dijadikan toner alami.

source: https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/health-benefits-green-tea

Caranya cukup simple:
  1. Rebus 1 kantung teh hijau/3 sendok bubuk teh
  2. Jika warna teh sudah pekat, dinginkan selama 10 - 15 menit
  3. Sambil menunggu, peras lemon untuk diambil airnya (buang pulp-nya)
  4. Campurkan air lemon kedalam adonan teh lalu aduk hingga rata
  5. Gunakan kapas untuk memakai toner
source: https://www.livescience.com


Note :
Selain menggunakan toner alami untuk mempercantik bagian luar kamu, ada baiknya kamu untuk mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Why? Konon senyawa dalam teh hijau memiliki khasiat dalam menangkal radikal bebas pada tubuh. So, Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa memulai terapi ini dan rasakan khasiatnya.