Street photography merupakan foto candid yang meng-capture keadaan di jalanan atau tempat publik. Biasanya yang menjadi subjek fotonya adalah total stranger alias orang asing yang sedang melakukan kegiatannya sehari-hari, atau hewan sekitar. Melalui street photography ini kamu dapat memperlihatkan sisi dinamis kehidupan dan menangkap emosi subjek secara natural melalui ekspresi wajah mereka. Nah, saat ini tren street photography ini semakin populer di Instagram karena terlihat artsy dan membuat feed Instagram terlihat keren dengan urban vibes. Buat kamu yang ingin mempercantik feed Instagram dengan street photography, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini untuk menangkap momen yang pas.
 
Setting Kamera Sebelum Hunting Foto        
First things first, atur setting-an kameramu sebelum kamu mulai hunting foto. Mengatur kamera saat hunting foto hanya akan membuatmu ribet dengan kameramu dan akhirnya melewatkan beberapa momen yang tepat. Sedikit tips, kamu bisa pilih setting otomatis pada kameramu sehingga kameramu dapat menyesuaikan fokus, aperture dan shutter speed secara otomatis. Jadi, kamu tidak perlu lagi mengubah pengaturan kameramu ketika kamu berpindah-pindah lokasi dengan pencahayaan yang berbeda.


Tentukan Spot dan Sabar Menunggu Momen yang Pas
source: https://www.mattbadenoch.com/

Jika kamu menemukan spot dengan latar belakang yang bagus dan menarik, seperti tembok dengan graffiti atau pojok jalanan yang dipenuhi dengan poster, cobalah stay di tempat tersebut dan menunggu hingga ada subjek yang melintas. Trik ini selain bisa menangkap momen subjek yang pas, tetapi juga akan terlihat lebih menarik dengan background yang keren.  
 

Selalu Perhatikan Emosi dan Gestur Subjek Foto
source: http://www.maciejdakowicz.com/

Street photography akan terlihat lebih menarik jika kamu bisa memunculkan emosi dan gestur yang kuat dari subjek foto. Emosi sang subjek ini akan membuat hasil fotomu lebih powerful dan memberikan kesan mendalam. Misalnya saja kamu bisa menangkap ekspresi wajah para penjual di jalanan atau pejalan kaki yang sedang melintas. Karena itu, kamu harus lebih peka memerhatikan emosi dan gestur subjek fotomu.  
 
baca juga

Ambil Foto Sebanyak-banyaknya
source: https://www.theinspiredeye.net/

Terakhir, jangan ragu untuk mengambil foto yang banyak ya ketika kamu bertemu subjek yang kamu anggap menarik. Dari banyaknya foto yang kamu ambil ini kamu pasti dapat menemukan satu atau dua foto yang paling berkesan dengan komposisi, gestur, dan emosi yang lebih menonjol. Karena itu, jangan takut untuk memencet tombol shutter dengan cepat.
 

Nah, itu dia tips street photography yang bisa kamu coba untuk membuat feed Instagram kamu terlihat lebih artsy. Selain keempat tips tersebut, kamera yang kamu gunakan juga sangat penting untuk mendapatkan hasil foto yang bagus lho. Agar kamu tidak kehilangan momen unik ketika hunting street photography, sebaiknya gunakan kamera seperti Panasonic Lumix GF9. Kamera ini memiliki teknologi 4K Photo yang dapat mengambil 8 MP JPEG dari rekaman video 4K 30fps, jadi kamu tidak akan kehilangan momen unik street photography. Selain itu, fitur 4K Resolution-nya juga dapat menghasilkan kualitas gambar foto yang tajam dengan warna yang nyata. Dengan desain yang elegan dan compact, kamera ini juga sangat travel friendly dan ringan untuk dibawa ketika hunting street photography lho. Plus, warna kameranya juga catchy dengan berbagai pilihan seperti pink, oranye, dan hitam. Interesting, isn’t it?