Mengeriting rambut memang hal yang sangat tricky dan sulit untuk dilakukan, terutama untuk para pemula. Mungkin persentase kegagalannya bisa mencapai 50% dan membuat kamu end up dengan rasa kesal karena hasil keritingan yang berantakan atau rambut yang mudah lurus kembali. Have you ever felt the same way? Tapi kabar baiknya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah mengeriting rambut berikut ini yang mudah diikuti oleh pemula untuk mendapatkan curl yang sempurna dan tahan lama. Just follow these simple steps!
 
#1 Gunakan Heat Protectant
Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mengeriting rambutmu adalah menggunakan heat protectant terlebih dahulu. Heat protectant ini tidak hanya melindungi rambutmu dari kerusakan akibat panas hair styler, tetapi juga bisa membuat hasil keritinganmu bertahan lebih lama lho. Jadi, jangan sampai kamu skip menggunakan heat protectant sebelum mengeriting rambutmu ya.
 
 
#2 Pilih Alat Styler yang Tepat
A thing to be noted, pemilihan alat styler bisa sangat menentukan hasil keritingan yang diciptakan, ladies. Nah, buat kamu para pemula, sebaiknya pilih alat styler yang mudah dan praktis untuk digunakan. Untuk rekomendasinya, kamu bisa mencoba styling brush iron Panasonic EH-HT40. Berbeda dengan alat styling kebanyakan, Panasonic EH-HT40 ini hadir dalam bentuk sisir pemanas, sehingga sangat mudah untuk digunakan.
 
source: http://www.senheng.com.my/

Alat ini juga dilengkapi dengan klip pemegang rambut yang semakin mempermudah pengguna untuk menciptakan berbagai gaya rambut ikal, mulai dari ikal besar hingga ikal kecil yang cantik. Kamu hanya perlu menjepit rambutmu dan memutar sisirnya, dan voila! kamu sudah mendapatkan rambut ikal yang sempurna.
 
source: http://www.panasonic.hk/

 

#3 Mulai Mengeriting dari Bagian Akar Rambut

Salah satu pro tip yang perlu kamu perhatikan saat mengeriting rambut adalah mulailah mengeriting dari bagian akar rambut. Kalau selama ini kamu menggunakan alat styler-mu dari bagian ujung rambut dan kamu gulung hingga ke bagian akar rambut, it won’t do any good. Hal ini hanya akan menyebabkan rambutmu semakin rontok dan rusak karena bagian ujung rambut merupakan bagian rambut yang paling rapuh. Karena itu, coba mulai keriting rambutmu dari bagian akar rambut dan tarik perlahan alat curler ke bagian ujung rambut selagi memutarnya.
 

#4 Mengeriting Rambut dengan Arah Menjauhi Wajah
source: https://www.pinterest.com/

Ingin hasil keritinganmu terlihat lebih flattery? Then you should curl your hair away from your face. Menurut beauty vlogger Miss Rylee Jade, cara paling mudah untuk membuat hasil curl terlihat lebih cantik adalah dengan mengeritingnya dengan arah menjauhi wajah. Trik ini bisa membuat keritinganmu terlihat lebih bervolume dan glamour.
 

#5 Tunggu Hingga Rambut Menjadi Dingin Sebelum Merapikan Rambut
Mungkin hal ini terkesan sepele, tetapi menata rambutmu ketika masih dalam kondisi panas bisa menyebabkan keritinganmu rusak lho. Not to mention, rambutmu juga bisa menjadi frizzy dan berantakan jika kamu menyentuhnya ketika masih panas. Kamu tidak mau kan hasil jerih payahmu mengeriting rambut sia-sia hanya karena kamu merapikannya ketika masih panas? Sebaiknya, tunggu hingga rambutmu dingin terlebih dahulu sebelum menyentuhnya atau menata kembali. Hal ini juga berlaku ketika mengaplikasikan hair spray ya. Jadi, cobalah untuk bersabar agar hasil keritinganmu lebih bertahan lama!