Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Ladies, apakah kamu termasuk yang sering melakukan eksfoliasi? Ternyata itu justru bahaya jika sering dilakukan. Eksfoliasi wajah memang sering dijadikan cara menghilangkan komedo bahkan mengangkat kotoran dan sel kulit mati kulit. Namun sayangnya, terlalu sering melakukan ekfoliasi malah bisa memberi efek tidak baik bagi kulit, lho. Selain kulit jadi sensitif, memerah, teksturnya pun akan jadi lebih kering dan sensitif. Hasilnya produksi minyak akan semakin aktif, sehingga jumlah komedo pun akan terus bertambah. Agar terhindar dari hal ini idealnya cukup lakukan ekfoliasi 2 kali dalam seminggu.
 

source: https://womantalk.com/

Memencet Komedo dengan Tangan

Ladies, jangan sekali-kali memencet komedo dengan tangan kamu secara langsung. Nyatanya, ini bukanlah cara menghilangkan komedo dengan benar. Memencet komedo dengan tangan justru membuatnya menjadi lebih parah! Penyebabnya, karena kamu akan menyalurkan kuman yang ada di tangan ke area wajah yang dipencet. Tindakan yang tidak didukung alat profesional ini juga dapat membuat area komedo berwarna merah dan tak jarang menimbulkan bekas luka dan kemerahan.
 

source: https://www.vemale.com/
baca juga

Alat Ekstraksi Tidak Steril

Sudahkah kamu yakin alat ekstraksi steril? Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah menggunakan alat ekstraksi steril. Ini karena ada banyak bakteri yang tidak terlihat pada alat ekstraksi kamu. Dengan alat ekstraksi yang tidak streril, justru akan menjadi medium untuk masuknya banyak kuman dan bakteri ke kulit secara lebih masif. Hal ini juga yang akhirnya memicu timbulnya jerawat. Jadi, selalu bersihkan dan steril alat ekstraksi kamu dengan menggunakan alkohol 70% atau air panas. Sebelum menggunakan produk ini, pastikan kamu sudah membersihkannya ya.
 

source: http://cantik-id.com/

Menggosok Muka Terlalu Keras

Nah, inilah yang paling sering menjadi kesalahan dalam menghilangkan komedo. Padahal cara menghilangkan komedo yang tepat adalah dengan menggosok secara perlahan dan lembut. Saat mencuci muka, pastikan untuk tidak menggosoknya secara keras, karena bisa membuat kulit rentan terhadap kemunculan kerutan dan garis-garis halus. Gerakan yang benar saat mencuci muka adalah dengan memutar secara lembut, bukan dengan menggosoknya.
 

source: https://womantalk.com/

Jadi, kesalahan dalam menghilangkan komedo seperti ini harus dihindari ya, ladies. Bahayanya bisa membuat pori-pori kamu semakin lebar dan bisa juga malah menimbulkan penyakit kulit. Hal penting lainnya sebaiknya mencuci tangan sebelum mencuci muka dan membersihkan komedo. Hal ini bertujuan agar bakteri yang ada di tangan tidak tertempel pada muka. Perhatikan cara menghilangkan komedo dengan tepat ya!