Sebelum mencari tahu cara mengatasinya, yuk ketahui dulu sebenarnya apa sih itu Milia? Milia adalah kondisi kulit yang umumnya muncul pada bayi yang baru lahir. Milia biasanya muncul di area hidung, mata, dahu, kelopak mata dan pipi berbentuk benjolan putih mirip seperti jerawat kecil.

Milia disebabkan adanya protein keratin yang terperangkap pada kelenjar di lapisan dermis kulit. Bisa juga diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang terlalu lama. Nah, jika kamu memiliki milia, kamu bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini. Check it out!


 

Ekstrasi Milia

Ekstrasi milia bisa dilakukan untuk milia yang berukuran kecil. Pada ekstrasi milia akan dilakukan pengikisan dengan jarum dan pisau steril lalu isi dari milia itu akan dihancurkan dengan alat comedo extractor. Cara ini bisa dibilang cara yang paling terjangkau, tapi sakit enggak ya?

source: https://www.clinicafiore.co.uk


 

baca juga

Laser CO2

Berlawanan dengan ekstrasi milia, cara pengobatan dengan laser CO2 terbilang cukup mahal. Namun, cara ini diklaim tidak meninggalkan bekas seperti bopeng atau noda di wajahmu setelah penanganan. Penasaran dengan cara pengobatan yang satu ini? Sebenarnya hampir mirip dengan esktrasi milia, namun setelah pengikisan lapisan kulit terluar milia, digunakan terapi sinar bertenaga CO2 pada kulitmu. Namun, metode ini sebaiknya dilakukan jika kamu menderita milia yang berat.

source: http://beauteous.com.sg


 

Electro Cauter

Dalam metode electro cauter, comedo extractor digunakan untuk mengangkat milia. Namun supaya kulit tidak merasa sakit, sebelumnya diberi anestesi berupa salep dan antiseptik berupa alkohol. Setelah itu baru dilakukan tindakan untuk membakar permukaan kulit milia hingga hancur kemudian baru diangkat. Nantinya milia akan hancur dan lebih mudah diangkat. Tentunya untuk mencegah iritasi. dokter akan memberikan salep antibiotik.
source: http://legveinclinic.co.za


 

baca juga

Cryotherapy

Nah, buat kamu yang masih ragu mencoba metode-metode di atas, kamu perlu simak metode yang memiliki risiko lebih kecil ini. Terutama buat kamu yang memiliki milia di daerah kulit sensitif seperti kelopak mata dan sekitarnya. Dengan metode cryotherapy, milia akan dibekukan terlebih dahulu dengan menyemprotkannya dengan bahan tertentu. Kemudian baru milia diangkat dan dibersihkan dari kulit.

source: http://www.mdskinlounge.com


Itu dia cara-cara menghilangkan milia. Kamu berani coba yang mana nih, Beautynesian?