Kalau perawatan kulit di Barat umumnya hanya terdiri dari 3-4 langkah setiap hari, perawatan kulit di Korea dapat mencapai 10 langkah setiap harinya. Banyaknya langkah dalam skincare Korea ini nggak akan membuat rumit, malah memberimu keleluasaan untuk mix and match sesuai kebutuhan kulitmu saat itu! Kunci dari urutan skincare Korea adalah menggunakan produk yang paling ringan, misalnya essence, kemudian diakhiri dengan produk yang paling berat, seperti moisturizer atau face oil.

source: http://k-beauty-europe.com/korean-skin-care-and-makeup/10-step-skin-care-routine-korea/



Makeup Remover dan Eye Makeup Remover (Malam)
Apabila kamu pakai makeup setiap hari, baik itu sekedar loose powder atau foundation, kamu wajib membersihkannya secara menyeluruh. Untuk riasan mata yang waterproof, hapus dengan eye makeup remover khusus.
 

source: http://fashionandbeautyblogger.com/
baca juga



Face Wash (Pagi dan Malam)
Mencuci muka dengan face wash dapat membersihkan sisa-sisa makeup remover maupun sisa skincare dari malam sebelumnya. Kalau kamu merasa cuci muka dengan face wash membuat kulitmu jadi kering, kamu dapat membilas wajah dengan air bersih.
 

source: https://www.allure.com



Exfoliator (Malam)
Physical exfoliator seperti scrub maupun chemical exfoliator seperti AHA dan BHA sebaiknya dipakai malam hari, agar tak mengganggu aplikasi makeup. Agar kulit tidak iritasi, sebaiknya exfoliator jangan langsung dipakai setiap hari, ya. Sesuaikan dengan kebutuhan kulit.
 

source: https://grazia.com.au/
baca juga


Toner (Pagi dan Malam)
Banyak produk toner dari Korea mengandung hyaluronic acid dan glycerin, yang bermanfaat menambah kadar air dalam kulit. Saat kamu nggak pakai exfoliator, toner akan mengembalikan hidrasi yang hilang saat mencuci muka. Saat kamu pakai exfoliator, toner akan menenangkan dan mencegah kulit iritasi. Win-win solution!
 
source: https://www.today.com/



Essence (Pagi dan Malam)
Boleh dibilang, essence adalah produk yang ampuh seperti serum namun memiliki tekstur ringan seperti toner. Essence mengandung banyak nutrisi penting untuk menghidrasi, memperbaiki kulit, hingga meregenerasi kulit.
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=qnoVH9AhHqQ



Treatment (Pagi dan Malam)
Produk serum dan ampoule diaplikasikan pada tahap ini. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pemakaian, karena ada beberapa jenis treatment yang hanya dapat dipakai saat malam hari.
 

source: http://www.viva.co.nz/



Eye Cream (Malam)
Ambil eye cream seukuran kacang hijau, kemudian tepuk-tepukkan pada area sekitar mata. Kalau eye cream yang kamu punya teksturnya ringan, boleh juga dipakai pada pagi hari.
 

source: https://www.thebeautyinsiders.com/



Sheet Mask (Malam)
Langkah skincare yang kali ini nggak hanya baik untuk kulit, namun juga membuatmu rileks. Pakai sheet mask sesuai dengan masalah kulit yang hendak diatasi, dua atau tiga kali seminggu.
 

source: https://id.pinterest.com/



Moisturizer atau Sleeping Mask (Pagi dan Malam)
Saatnya mengunci semua manfaat skincare dengan memakai pelembap atau sleeping pack. Pelembap diformulasikan untuk mencegah hilangnya kadar air dalam kulit, sehingga kulit tetap kenyal dan mulus bahkan hingga esok hari. Kalau kulit sedang kering, ganti pelembap dengan sleeping mask.
 

source: https://www.self.com/



Sunscreen (Pagi)
Sering diabaikan, namun pemakaian sunscreen secara rutin akan melindungi kulitmu dari ancaman flek hitam dan tanda-tanda penuaan dini. Apalagi jika kamu memakai exfoliator, maka sunscreen adalah produk wajib untuk melindungi sel kulit yang baru.
 

source: https://intothegloss.com/



Nah, sekarang kamu sudah tahu urutan skincare Korea untuk mendapatkan wajah mulus. Langkah manakah yang jadi favoritmu?